Friday, April 5, 2013

Ayo Balapan Dengan Teman!


Mates' Race!
Balap Dengan Teman2
Oleh: Doddy MBUK


Balapan dengan teman2 itu sangatlah menyenangkan, dan sebuah cara yang bagus sekali untuk membuatmu gowes dengan lebih cepat. Let the battle begin...!


Salah satu hal terbaik tentang MTB adalah pergi keluar sana dan bersepeda dengan teman2 kamu, yang biasanya melibatkan unsur2 balap - naik bukit, turun bukit - dimana saja yang kamu bisa! Tentu saja, biasanya ini adalah balapan tidak resmi yang diawali dengan basa-basi psikologis terbalik diantara riders. "Wah, lagi gak enak badan nih, saya gowesnya pelan2 aja," biasanya jadi pembuka, atau seperti ini, "Kakiku masih capek gara2 gowes kemarin, jadi jangan berharap apapun dari saya ya?" Tetapi kita semua tahu bahwa itu semua hanyalah trik, dan si pembuat alasan suatu saat akan melakukannya agar temannya meremehkan.
Seseorang yang berkata bahwa dia tidak mampu berkompetisi adalah sangat tidak masuk akal. Adalah sangat alamiah bagi manusia untuk berkompetisi - kamu mungkin memilih untuk tidak berkompetisi, namun jika berada dalam situasi dimana hanya ada mereka atau kamu, insting untuk menang pun akan muncul setiap saat.
Biasanya, gowes di hari Minggu punya sedikit tantangan naik bukit kecil, atau mungkin turunan ekstrem yang mungkin bisa kamu pamerkan - tetapi apakah kamu tahu siapa yang bisa gowes paling cepat di tiap2 segmen? Hanya ada satu cara untuk menemukannya - dan kita sedang melakukannya!
Sangatlah mudah memakai aplikasi smartphone seperti Strava untuk berkompetisi melawan teman2 kamu (dan yang belum kenal juga) dalam lingkungan virtual, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan cara lama yang terbaik - yaitu memakai stopwatch dan segmen terbaik dari jalur gowes untuk melakukannya.
Pada hari Balapan Dengan Teman kita, kita pilih segmen yang mempunyai sedikit unsur dari segalanya: singletrack, kelokan sempit berliku, rock garden, sedikit tanjakan dan diakhiri dengan gowes melelahkan menanjak balik ke garis start.


Tidak boleh curang!
Dalam jalur ada beberapa langkah yang bisa disingkat melalui jalur pintas, dan tikungan balik terakhir yang juga mudah untuk dihindari. Kita berjanji untuk tidak curang, saling percaya satu sama lainnya untuk gowes melewati semuanya dan menggunakan iPhone untuk merekam waktunya. Jalurnya adalah bagian dari jalur umum, jadi kita semua  setuju untuk memberikan jalan kepada pengguna jalur lain (pejalan kaki, petani & rider lain), berhenti jika perlu dan kembali lagi untuk restart. Selain itu, jalur ini adalah jalur satu arah, jadi kecil kemungkinan bertabrakan dengan pemakai lain. Jalur yang sangat ideal untuk balap - walaupun kita tetap mengantisipasi kemungkinan adanya pengguna jalur lainnya.


Pandangan yang menyempit
Ric memutuskan untuk jalan duluan dan dengan cepat telah hilang dari pandangan, meninggalkan kita yang berpikir tentang waktu yang dihitung dan yang nanti akan dibandingkan. Sekitar empat menit kemudian helemnya pun mulai terlihat bergerak naik turun sejalan dengan upayanya mengayuh pedal melewati tanjakan terakhir. Dengan wajah yang terlihat kusut dan pucat diapun melewati garis finish dengan sambutan teriakan dan sorak sorai dari teman2. Sambil melemparkan sepedanya ke tanah, Ric terlihat bersujud, batuk dan meludah selagi mengambil nafas pemulihan. Dan diapun telah menetapkan standar yang cukup tinggi - membuat kita berpikir bisakah nanti mengalahkan waktunya...
Aku pun melihat pandangan kekhawatiran dari yang lainnya. Mereka tahu, mereka harus berjuang dengan keras jika ingin mengalahkannya.
Selagi semua rider mulai pergi untuk mendapatkan waktu terbaiknya, semuanya berlangsung dengan tetap dalam suasana bersahabat dan menyenangkan. Semua orang menyoraki dan menyambut siapapun yang berhasil kembali ke garis finish, sambil menertawakan tiap waktu diatas penderitaan ridernya - meskipun mereka semua tidak ada yang bisa mengalahkan waktu terbaik Ric di 4:28:7.
Danny dan Kim (dia ini cewek lho) biasanya adalah yang paling sering bercanda di kantor, jadi sangatlah bagus untuk melihat mereka berdua saling bersaing dijalur ini. Danny sangatlah bersemangat untuk berkompetisi, dan Kim awalnya hanya ikutan sebagai penggembira saja - dia sengaja tak melakukan persiapan apapun untik balapan ini. Tetapi seperti yang telah diprediksi, sifat alamiah untuk berkompetisi telah membuatnya bergegas gowes ke dalam hutan dan menunjukkan bahwa tidak ada yang bisa membuatnya ragu meskipun telah terjatuh sewaktu mencoba jalur sebelumnya.


Rasa Sakit itu Menyakitkan
Siapapun yang bilang bahwa rasa sakit (akibat gowes dengan keras) itu tidak terasa menyakitkan biasanya berbohong. Namun dengan rasa sakit inilah kita mampu membuat perbedaan. Biasanya jika rasa sakit ini muncul ketika sedang bersepeda, sangatlah mudah untuk bergerak melambat sambil menunggu rasa sakit itu hilang, tetapi dengan stopwatch yang terus berjalan untuk mendapatkan yang terbaik maka hal ini hanyalah soal seberapa besar rasa sakit yang mampu kamu tahan dan keinginan kamu untuk tetap mengayuh pedalnya.
Ketika tiba giliranku yang maju, dalam beberapa belokan aku telah sampai ke tanjakan pertama, dengan jantung yang berdenyut kencang, pandangan mata mulai kabur dan paru2 yang mulai terbakar akibat tarikan nafasku yang semakin liar. Pedal hampir terlepas di tikungan, bebatuan aku terjang, sikutku menerjang batang pohon yang mencoba membuatku pelan - seluruh cairan tubuhku telah habis. Badanku terasa berantakan, hanya harga dirilah yang tetap membuatku maju. Sampai di rock gardens, jalurpun menjadi sedikit berkelok, dan berujung dengan menabrak semak2 dan membuatku hampir saja keluar jalur.
Aku pun sampai diujung jalur, dimana sambil melewati tikungan berbalik arah, aku pun menyiapkan nafasku untuk menghadapi tanjakan terakhir. Ternyata tidak semudah itu, kedua kakiku terasa mati dan nafasku pun hampir habis. Semua gir terasa sedang menertawakanku, sekaligus menyanjungku. Aku merasa hampir mati, seperti yang sudah aku perkirakan, namun ternyata usahaku membuahkan hasil yang bagus - nomer dua setelah Rob sang pebalap lokal. Mestinya tadi aku bertaruh dengannya.
Tidak peduli seberapa cepat kamu bisa gowes sewaktu bersepeda biasa, kamu akan gowes lebih cepat lagi dengan waktu yang terus berdetak di pikiranmu dan rasa bangga yang sedang kamu pertaruhkan.

Kim akhirnya tak tahan juga untuk ikutan balap meskipun telah jatuh sebelumnya

Bersakit2 Dahulu, Bersenang2 Kemudian
Hal yang tidak enak dari balapan ini - dalam arti singkat - yaitu terasa menyakitkan. Kaki kamu akan terasa terbakar, jantungmu berdebar kencang serasa mau meloncat keluar dari dada dan mungkin kamupun akan terjatuh. Tetapi kamu akan merasa lebih hidup - lebih dari yang kamu miliki. Kamu gak bakalan bisa melupakan saat mengayuh pedal secara ketakutan melawan waktu, dan sedang menantang teman2 kamu. Meskipun setelah balapan berakhir, kami pun masih saling adu cepat sewaktu gowes kembali ke mobil yang menunggu kami di parkiran taman, dan sebagian orang sudah mulai membicarakan tentang balapan berikutnya. Hal inilah yang sering terjadi di awal karir seorang pebalap, sedikit bersenang2 dengan teman dapat merubah seorang casual rider menjadi seorang pebalap besar!
Cobalah, kamu gak bakalan menyesal...

Juara bertahan Rob sedang menunjukkan bagaimana caranya

Apa yang dikomentari oleh rider kita
Dan tentunya waktu mereka:

1. Rob 4:04:8
Segmen datar yang pertama sangat tak kentara namun melelahkan dan semua usaha untuk melewatinya dengan skill malah merepotkan. Rencana yang sesungguhnya adalah melewati daerah bebatuan dengan sehalus mungkin kemudian mencoba bertahan sampai finish.

2. Doddy 4:15:2
Semua bayangan tentang balapan sambil bergaya keren jadi hilang setelah bertemu tanjakan pertama, membuatku berubah jadi seperti orang gila yang mencoba merangkak  sambil mencakar jalan untuk kembali. Gak bisa bilang menikmati rasa sakitnya - setidaknya sampai aku bisa kalahkan Rob!

3. Ric 4:28:7
Bagian pertama aku lewati dengan mulus, sampai ke bagian turunan. Segalanya berjalan dengan baik sampai aku bertemu dengan seorang wanita yang sedang berjalan seenaknya membuatku mengangkat pantat dan bergegas mengayuh pedal ke atas!

4. Coxy 4:32:7
Hardtailku berjuang secara keras sewaktu melewati seksi bebatuan dan membuatku tertunduk dan menggertakkan gigi sewaktu melewati tanjakan terakhir sebelum akhirnya menang dari Jamer. Sampai ke balapan berikutnya, kalo dia gak terima.

5. Jamer 4:38:4
29er-ku dengan travel 100mm harusnya merupakan suatu keuntungan, terutama karena yang paling ringan bobotnya, tapi kelemahan stamina untuk sprint yang membuatku kalah. Sangat menyenangkan tapinya, dan membuatku terasa memiliki semangat berkompetisi dalam diriku.

6. Kim 11:00:0
Meskipun aku tak berniat untuk balapan, tapi berjalannya hitungan waktu telah bermain dalam pikiranku. Aku jadi tidak kuatir lagi sewaktu melewati seksi bebatuan yang sebelumnya telah membuatku jatuh. Dan aku pun telah melakukannya dengan baik - untuk ukuran cewek.

Setelah sukses di tempat kedua, Doddy berniat mengalahkan Rob pada balapan berikutnya

 Jamer sedang menggerinda giginya

 Ric berhasil mendapatkan waktu yang cukup baik

 Danny sedikit bermasalah dengan rock garden


Utamakan Selamat
Cobalah untuk tidak melukai dirimu sendiri dan pengguna jalur lainnya.

Tidak seperti balapan resmi yang memakai marshall/petugas pencatat waktu, jalur yang ditandai dan petugas P3K, balapan dengan teman bisa berbahaya jika kamu ceroboh, jadi pastikan melakukannya dengan bertanggung jawab.
Hargai pengguna jalur lain dan jangan menghalangi jalan orang lain. Lebih perhatikan jalur buta yang tidak terlihat dan jalur yang berbagi dengan jalur lain, terutama yang bergerak berlawanan arah. Membawa perlengkapan P3K juga akan sangat berarti.

Mencatat Waktu Balapan
Bagaimana cara menjaga waktu tetap berjalan.


Coxy sedang dihitung waktunya. Dia berhasil mengalahkan Jamer

Alat yang paling akurat untuk mencatat waktu adalah dengan tiang pengukur (timing poles) tetapi aku yakin diantara kalian gak bakalan ada yang punya. Opsi terbaik untuk sesuatu yang menyenangkan seperti ini adalah dengan menggunakan stopwatch. Kalau kamu ingin keakuratan, gunakan dua orang untuk mengukur waktu dan ambil hitungan tengahnya. Jika kamu sendirian, dan kamu ingin balapan suatu segmen dari jalur, kamu bisa manfaatkan aplikasi seperti Endomondo dan Strava, atau kamu bisa memakai jalur hardware seperti memasang cycle computer di handlebar atau memakai alat seperti Mototrainer.

Ric - sedang dalam misi

Doddy sedang menerjang lintasan

Rob sedang beraksi


Coxy sedang terbang

Catatan pemilik blog:
Bagaimana teman2? Sungguh suatu ide yang sangat bagus sekali. Jika selama ini kita hanya terbiasa memakai Strava, gak ada salahnya suatu saat kita coba untuk bikin acara balapan antar teman sendiri. Siapkah jika suatu saat kita coba balapan bersama2? Gak usah jauh2, yang penting bisa cicipin semua rasa balapan MTB, ada tanjakan dikit, turunan rock garden dll. Inilah saatnya pembuktian diri sendiri, siapa tahu ada yang keterusan jadi pebalap sungguhan.

Mengenal Balapan Enduro

Beginner's Guide To Enduro Racing

diterjemahkan dari bikeradar
Balapan Enduro sering dikatakan sebagai hal besar berikutnya dalam dunia MTB, tetapi apakah dia sebenarnya? Bacalah untuk mengetahui lebih lanjut dan mengapa kamu mungkin akan mencobanya.


Balapan gravity enduro itu seperti pergi gowes dengan teman2 kamu, hanya ditambahkan hitungan waktu selagi downhill

Apakah Balapan Enduro itu?
Ada petunjuk di namanya - yaitu balapan dengan elemen enduro alias daya tahan. Pada awalnya, balapan enduro adalah cross country dengan jarak yang sangat jauh, namun sekarang lebih dikenal dengan nama balap marathon. Balapan enduro masa kini sangatlah berbeda, dengan penekanan lebih pada kenikmatan downhill yang didapatkan dari penderitaan uphill. Ada dua macam balapan enduro, yaitu enduro downhill dan gravity enduro.

Apakah bedanya?
Even balapan enduro downhill seperti Megavalanche di Perancis dan Mountain Of Hell adalah yang mengawali balapan ini pertama kali - balap menuruni gunung secara jarak jauh, dengan peserta start secara masal dan sedikit seksi uphill untuk memanaskan acara serta tambahan salju yang licin di turunan puncak yang akan menambah faktor kesenangan!
Tidak semua dari kita yang beruntung sekali bisa hidup di daerah pegunungan, dan disitulah balap gravity enduro lahir. Tidak adanya daerah yang memiliki area downhill panjang, membuat organiser lomba harus kreatif. Apa yang mereka hasilkan yaitu bentuk balapan yang memadukan seksi downhill yang dihitung waktunya dengan seksi uphill yang tidak dihitung waktunya, meskipun keduanya harus diselesaikan dalam batasan waktu yang telah ditentukan.


Seret tungkaimu selama tanjakan bila perlu dan ini gak bakal pengaruhi hitungan waktu & kecepatanmu sewaktu turunan

Even gravity enduro terbaik yang diketahui adalah Trans Provence (dari namanya aja udah kelihatan - antar propinsi...kayak bus aja) di Perancis dan Canadian Open Enduro di Crankworx Whistler, Kanada (ini yang sering disebut2 Mekkah-nya MTB). Di Amerika Utara, gravity enduro terkadang disebut sebagai "balapan all-mountain" dengan lomba tak resminya yang tenar disebut dengan nama All-Mountain World Championship yang diadakan di Downieville Classic, Kalifornia setiap bulan Agustus.

Apa sih yang bagus tentang balapan enduro?
Balapan downhill memerlukan nyali sekeras baja dan perlengkapan serba mahal, dan cross country utamanya soal kebugaran saja, tetapi siapapun dengan sebuah sepeda trail yang mumpuni dan punya cukup stamina untuk gowes di jalur lokal mereka selama beberapa jam bisa mencoba balapan enduro.
Kamu akan mendapatkan jatah gowes lebih banyak daripada balapan downhill dengan uang pendaftarannya, dimana kalau downhill kamu hanya mendapat satu final run dan beberapa kali latihan saja. Tidak seperti downhill, hal ini berarti jika ada kesalahan atau kendala teknis belum tentu akan membuatmu gagal berlomba.
Hal besar lainnya tentang balapan enduro yaitu atmosfernya yang bersahabat. Ketika para pebalap top dipastikan mengincar kemenangan, lebih jauh kebawah, ini semua hanyalah tentang bagaimana mencoba maju start dan menikmati saat ngobrol bercanda di garis finishnya.


Banyak pebalap downhill yang  beralih ke gravity enduro karena mendapatkan lebih banyak waktu diatas sepeda

Siapakah rider yang harus dilihat?
Orang2 Perancis biasanya mendominasi lomba, dari mantan juara dunia downhill Nicolas Vouilloz dan Anne-Caroline Chausson sampai ke spesialis enduro seperti Jerome Clementz dan Remy Absalon. Walaupun begitu, orang Inggris dan Amerika sedang mengejarnya, dengan Dan Atherton dan Tracy Moseley yang sedang berpindah dari downhill, dan Mark Weir, Adam Craig dan Ross Schnell - semuanya sedang mengejar nama besar all-mountain.

Tipe sepeda apakah yang dibutuhkan jika ingin mencoba balapan enduro?
Hampir semua pebalap enduro memilih sepeda trail atau all-mountain full suspension dengan travel antara 140mm-170mm. Tak ada aturan yang melarang pemakaian hardtail atau sepeda cross country ringan, tetapi kamu akan bekerja ekstra keras sewaktu seksi turunan nanti, sama seperti sepeda ber-travel panjang seperti freeride dan downhill yang nanti juga akan menjadi beban sewaktu tanjakan.
Pemasangan chain guard dan RD berkopling (seperti Shimano Zee & Saint) sangatlah bagus karena bisa membuat rantaimu sanggup bertahan saat melewati seksi bebatuan. Ban downhill bervolume besar sangatlah baik dipakai juga - mereka lebih tahan bocoran serta lebih nyaman pula - sedangkan stem pendek dan handlebar lebar lebih menunjang kontrol, dan sebuah telescopic seat post akan mempermudah manuver sepeda ketika kondisinya membutuhkan.


Gravity enduro menarik segala jenis rider dengan segala jenis sepedanya

Apakah perlu perlengkapan sepeda khusus?
Helmet full-face sangatlah bagus untuk jalur berbatu tetapi helmet trail standar juga bagus untuk even yang lebih membutuhkan banyak pedalling. Pelindung lutut, sarung tangan dan pelindung mata sangatlah penting. Tas minuman dengan perlengkapan standar minimal seperti ban dalam, pompa dan kunci2 juga penting.

Kemana bisa mencobanya?
Bersamaan dengan seri dunia yang baru, beberapa negara Eropa mempunyai even sendiri2 dan balapan enduro sudah mulai muncul di Amerika Utara pula. Inilah beberapa seri di dunia, harap diingat bahwa tiap balapan mempunyai regulasi sendiri2 jadi jangan lupa untuk membaca dengan teliti segala peraturannya!


Series:

Enduro World Series (rounds in Italy, France, USA, Canada)
Bluegrass Enduro Tour (Italy, France, Scotland, Ireland)
Specialized Enduro Series (Germany, Austria, Italy, Switzerland)
North American Enduro Tour (Oregon, Colorado, Utah and British Columbia)
Coupe de France (France)
Superenduro (Italy)
UK Gravity Enduro (England, Scotland, Wales)
Gravity Enduro Series (Ireland)

One-off events:

Downieville Downhill and All-Mountain World Championships (California)
Mavic Trans-Provence (France)
Megavalanche Alpe d’Huez (France)
Mountain of Hell (France)



Garis finish sudah terlihat - sekarang waktunya untuk ngobrol bercanda!

Catatan pemilik blog:
Hmm...sangat menarik sekali ya balapan enduro ini, kalau di Indonesia setahu saya ada satu even di Jawa Barat, kalau di Jawa Timur sepertinya belum pernah diadakan. Sebenarnya balapan enduro ini adalah esensi dari apa yang selama ini sering kita jalani selama bersepeda bersama - bersusah payah naiki tanjakannya hanya untuk menikmati turunannya kemudian. Tapi saya pribadi lebih suka balapan gravity enduro karena waktu tanjakannya gak usah dihitung :-) Kalau ada evennya gak ada salahnya nanti kita ikutan ramai2 sambil sekalian ajang pembuktian latihan bersama Strava kita...! Siyapp...???

Wednesday, April 3, 2013

5 Tip Untuk Lebih Fit ber-MTB

Top Five Fitness Tips For Mountain Biking
Lima Tip Kebugaran Puncak Untuk Bersepeda Gunung

Dorong cara bersepedamu ke tingkat berikutnya dengan bantuan rencana latihan baru, didesain khusus bagi Bikeradar Training dengan bantuan Joe Rafferty dari Pro Ride Guides.

Jinakkan jalurnya dengan tambahan kebugaran MTB

Seorang pelatih MTB dengan kualifikasi penuh, mantan akademika olah raga Loughborough dan mantan atlit Inggris Raya, Joe telah menjadi seorang coach mountain biker dan pelatih pribadi selama 8 tahun. Seorang ahli training khusus enduro dan sekarang sedang melatih Alex Stock dari Team Kona UK, salah satu atlit enduro top UK. Joe juga mengakui bahwa dirinya adalah seorang pecandu sepeda gunung dan segala perlengkapannya.

Joe menerangkan kepada kita mengapa seorang mountain biker harus berlatih untuk meningkatkan kemampuan bersepedanya.

"Alasan utama kita bersepeda adalah untuk bersenang2, dan jujur saja kita biasanya lebih senang jika gaya tarik berpihak kepada kita (maksudnya gak jatuh) atau jalurnya sangat mengalir tanpa membuat kita terengah2. Jadi ada apa dengan segala omong kosong soal berlatih ini? Kita adalah seorang mountain biker, kan? Jadi, bagaimana jika aku beritahu bahwa hanya dengan sedikit latihan maka kamu akan bisa membuat jalur yang keras jadi mengalir, dan kamu akan bisa mendapatkan cukup energi untuk membuat tanjakan jadi seenak turunan. Apakah hal itu cukup menarik? Bagaimana dengan keyakinan untuk menyerang tanjakan terakhir hanya agar bisa menghajar turunan ke bawah?"

"Kita semua sudah sama2 tahu bahwa kuncinya adalah seberapa banyak waktu yang dihabiskan diatas sepeda, namun dengan cara yang kita semua kerjakan dan hanya sedikit saja waktu, kebugaran kita akan maju selangkah dan mundur dua langkah. Rencana latihan berikut dirancang agar menolongmu mendapatkan potensimu kembali. Dirancang agar bisa menolongmu menjadi bugar secara bertahap tanpa keanggotaan gym, tanpa alat mahal dan tanpa membuang waktu. Kenyataannya, janganlah menganggap hal ini sebagai rencana latihan, anggap saja sebuah panduan."

Joe menunjukkan segalanya jadi lebih mudah jika memiliki kebugaran tambahan

5 Tip Kebugaran Terbaik Dari Joe Rafferty:

Menjadi bugar bukanlah dengan makan pisang organik 34 menit sebelum sesi latihan, kemudian menelan shake protein 3 nafas setelah pengulangan latihan terakhir. Untuk kebanyakan orang sebenarnya sangat sederhana. Mengikuti 5 tip ini seharusnya akan menata kamu kembali ke jalur yang benar.

1. Makan Makanan Yang Benar
Potong asupan gula, hindari makanan yang diproses berlebihan, kurangi asupan kafein yang berlebihan dan kamu pun akan hampir bisa mendengar apa yang tubuh kamu butuhkan. Alkohol dan rokok sama sekali tidak disinggung karena sudah jelas sekali.

2. Hindari Jebakan Jagoan Akhir Minggu (Weekend Warrior)
Jika berbicara mengenai meningkatkan kebugaran, konsistensi adalah kuncinya. Empat sesi berkualitas dalam seminggu akan memberimu peningkatan kebugaran yang lebih baik daripada seharian penuh kerja keras tetapi membutuhkan waktu seminggu untuk pulih kembali.

3. Beristirahatlah Dengan Benar
Agar lebih baik, tubuhmu perlu tekanan diikuti dengan pemulihan. Mereka berdua sama2 pentingnya. Tidurlah dengan nyenyak dan setidaknya buat jadwal istirahat sehari penuh dalam seminggu.

4. Komitmen
Kalau kamu akan melakukannya, lakukanlah dengan benar. Temukan apa yang bisa memotivasi kamu, apa rencana kamu, tentukan tujuanmu dan segera laksanakanlah. Ketika situasi membuatmu patah semangat, ingatlah dimana kamu ingin berada dan mengapa.

5. Kemajuan
Melakukan latihan yang sama terus menerus selama berminggu2 akan membuatmu jadi terbiasa, dan hal ini tidak baik. Menambah intensitas dan volume latihan akan tetap membuatmu berkembang.

Joe Rafferty dari Pro Ride Guides

Joe telah mendesain rencana latihan 8 minggu bernama Flat Out Fit Training khusus untuk Bikeradar Training. Ditujukan untuk rider kelas menengah dan pemula yang ingin meningkatkan tingkat kebugarannya, berdasarkan latihan bersepeda 3 kali seminggu dan satu atau dua kali latihan di rumah tanpa memerlukan alat2 khusus.
Apakah kamu menargetkan berat badan turun, ketahanan tubuh secara khusus atau kebugaran untuk balap maka program latihan ini adalah untukmu. Latihan Flat Out Fit ini didesain dengan peralatan seminimal mungkin, penggunaan waktu yang efektif dan filosofi latihan yang telah terbukti yang akan merubah cara kamu bersepeda selamanya.

Tertarik dengan rencana Flat Out Fit? Pergilah ke bikeradar.com dan dapatkan beberapa contoh gratis.

Catatan pemilik blog:
Menarik sekali ya tips2 diatas, apalagi yang program latihan Flat Out Fit, yang ternyata harus bayar dulu. Nah kalo gitu doakan saja teman2 biar saya bisa dapatkan programnya. Akan saya upload disini jika sudah dapat. Stay Fit!

Top Tips Untuk Rider Pemula

Top Tips Untuk Rider Pemula
Diterjemahkan dari bikeradar.com
Oleh John Stevenson, editor internasional bikeradar.com


Dan majulah mereka...! Kelas sedang dimulai sementara Tara Bosch mengawasi

Kalau kamu sedang mengawali bersepeda, atau kamu sedang menyarankan seorang pemula untuk bersepeda, apakah hal2 penting yang harus kamu ketahui?

Itulah yang bikeradar tanyakan kepada Tanya Bosch, seorang instruktur sepeda di Australia ketika kita sedang mengikuti programnya yang bernama Kembali Belajar Bersepeda awal September lalu di Sydney, Australia. Inilah 5 top tips dari Tanya:

1. Pastikan sepedanya pas dengan kamu.
Tanya sering melihat banyak rider memakai sepeda yang terlalu kecil atau terlalu besar, hal ini akan bermasalah nanti dalam pengendalian dan kenyamanan.




Stop! Scott mempraktikkan cara berhenti dari sepeda

2. Belajar stop dan start dengan lepas dari sadel sepeda.
Sekali duduk dalam ketinggian sadel yang pas, akan sulit bagi kaki rider untuk bisa menjejak tanah dengan pantat tetap berada diatas sadel. Lebih mudah untuk maju ke depan dan berdiri mengangkangi sepeda, namun kebanyakan pemula kesulitan untuk stop atau start sewaktu mereka tidak duduk diatas sadel. Tanya menyarankan untuk berlatih di tempat aman seperti parkiran mobil yang sepi atau di kompleks perumahan.

3. Nikmati gowesnya, pergilah ke tempat yang belum pernah kamu lewati.
Jelajahilah kotamu. Banyak pesepeda, termasuk yang berpengalaman yang tidak pernah melakukannya. Mereka kelewatan hal seperti bagaimana sepeda bisa masuk ke tempat2 sempit di daerah yang sudah kamu ketahui dengan baik, yang biasanya hanya terlihat dari dalam mobil.

4. Rencanakan rute kamu sendiri.
Jika ada perjalanan yang rutin tiap hari kamu jalani seperti bekerja, belanja atau mengunjungi teman, janganlah melewatinya dengan rute yang sama seperti ketika menyetir mobil. Biasanya ada banyak jalur pintas yang lebih sepi dan menyenangkan.

5. Gabung dengan grup bersepeda.
Ada banyak perkumpulan bersepeda dengan segala macam tingkat dan aliran. Langkah yang tepat adalah bertanya ke toko sepeda terdekat.

Pemula Total.
Dengan makin banyaknya minat masyarakat akan bersepeda dalam beberapa tahun ini, banyak orang yang kembali bersepeda meskipun terakhir kalinya adalah sewaktu mereka masih kecil, bahkan ada juga yang baru saja belajar bersepeda. Pelatih bersepeda Tanya Bosch membuka kursus yang aktual dan efektif ini di Sydney bagi pemula, juga bagi rider yang ingin meningkatkan keterampilan bersepeda di dalam kota atau secara umum.


Keluarkan lututmu. Tara Bosch sedang mendemonstrasikan menikung

Sebagai coach dengan level 2 dan pebalap track yang masih aktif, Bosch juga melatih pebalap sepeda, namun dia merasa lebih puas jika berhasil melatih anak yang baru belajar sampai bisa bersepeda.


Slalom! Para pesepeda sedang berlatih melewati jajaran kun

Melihat Bosch dalam sebuah grup pesepeda, kelihatan bahwa dia selalu mengamati sebuah masalah secara berulang kali.
Pemula selalu bermasalah dalam hal2 yang biasanya selalu mengejutkan rider berpengalaman. Jika kamu rider berpengalaman yang sedang melatih pemula, hal ini perlu diingat.


Lihat arah kemana kamu belok

Tinggi sadel adalah hal yang pemula paling sering keliru, kata Bosch. Mereka cenderung memasang sadel terlalu rendah dengan alasan agar mudah menjejak tanah. Masalahnya ketika kamu mulai menaikkan sadel ke tinggi yang pas, maka kamu harus belajar bagaimana start dan stop gowes dengan pantat diangkat dari sadel - hal ini adalah sebuah keterampilan sendiri, yang Bosch ajarkan sebagai bagian dari kursusnya. Pemula akan berlatih start dan stop di area beraspal sebelah taman yang mempunyai atap untuk berteduh jika sewaktu2 hujan turun.


Arahkan ke kun. Emily sedang melakukan latihan presisi

Kesemuanya saling membantu. Emily Scobie, direktur akuntansi dari sebuah perusahaan marketing berkata bahwa sesi berlatih sangat membantu dia dengan teknik2 yang baik dan kesadaran akan jalan secara umum.
Gir juga membingungkan bagi pemula, hal yang sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Meskipun beberapa dari kita ada yang sudah bersepeda selama bertahun2 terkadang juga mengalami salah gir. Menariknya, Robyn, salah satu dari beberapa pemula, tidak mendapatkan masalah yang berarti dengan girnya karena kombinasi gir tunggal dan sproket lebar pada sepeda jelajah yang dimilikinya.
Sesudah mereka bisa menggelinding maju, tikungan menurun dan tikungan cepat akan sangat mengacaukan pemula, kata Bosch. "Ketakutannya sama seperti seperti rider pehobi MTB yang sedang mencoba DH untuk pertama kalinya," katanya. Satu2nya jalan untuk mengatasi hal ini adalah dengan berlatih terus menerus.

Kursus mendalam tentang quick release yang meresahkan sangatlah penting

Ketidakakraban mereka dengan mesin2 ini berarti pemula juga terganggu dengan aspek perawatan dari sepeda, meskipun biasanya mereka sangat berminat dalam belajar. Salah satu trik penting yang banyak orang kesulitan adalah melepas dan memasang kembali roda depan, sebuah teknik yang Bosch ajarkan karena ia akan berguna untuk membawa sepeda dengan mobil. Emily Scobie sangat menanggapi bagian kursus yang ini karena katanya memberi dia "Keyakinan diri ketika melepas dan memasang roda dan belajar untuk tidak mengacaukan kabel2nya". Kabel remnya pernah melintir disekitar head tube, menyebabkan rem menggeser rim terus.

Bosch berkata bahwa dia sangat terkejut ketika mengetahui hanya sedikit dari pemula yang bersepeda untuk kesehatannya. Banyak sekali yang tidak fit dan tidak melihat bahwa sepeda bisa membuat mereka jadi lebih sehat, mereka hanya memandang sepeda sebagai alat transportasi. Bosch menyemangati rider untuk menantang diri mereka sendiri dan bersepeda lebih konsisten sebagai jalan yang samar untuk membuat mereka jadi lebih sehat.


Latihan memberi tanda belok

Keyakinan rider yang terdorong mungkin adalah hal paling bernilai dari kursus2 seperti ini. Latihan2 seperti belajar memberi tanda belok dengan cara belajar untuk bersepeda dengan satu tangan, belajar bersepeda diantara tiang2 sempit dan berlatih berhenti secara mendadak, semuanya menambah keyakinan rider. "Membuatmu siap menghadapi rintangan berikutnya." kata Scobie. Sangat baik sekali untuk lebih menarik minat orang akan bersepeda.


Segalanya tentang posisi


Lingakaran yang semakin mengecil - rider akan lebih percaya diri pada belokan sempit


Latihan ini membuat rider mampu bernegosiasi dengan jarak yang makin sempit

Catatan pemilik blog:
Ck ck ck...diluar negri sana urusan belajar naik sepeda aja ditangani secara serius ya? Memang sudah seharusnya bersepeda tidak dipandang sebelah mata. Dengan awal latihan yang benar seperti program latihan diatas maka diharapkan para rider ini bisa lebih mahir bersepeda, dan akan bersepeda dengan benar kapanpun dan dimanapun!





Tuesday, April 2, 2013

Handlebar: Lebih Lebar Lebih Baik?

Are Wider Bars Better Bars?
Handlebar: Lebih Lebar Lebih Baik?

Oleh: Josh Patterson dari bikeradar.com




Makin lama, tren handlebar mengarah ke ukuran yang lebih lebar. Beberapa dari kita mungkin masih ingat kehebohan yang terjadi sewaktu Answer Hyperlite dengan lebar 580mm dirilis 15 tahun yang lalu, namun hal itu bukanlah berarti sekarang kamu harus segera meloncat ke toko sepeda terdekat dan membeli handlebar selebar Honda Brio hanya karena pebalap downhiller favoritmu juga memakainya.

Kalau kamu ingin memakai handlebar yang lebih lebar, lakukanlah demi fungsi, bukan demi fashion. Dan sebelum melakukannya, pertimbangkanlah dengan seksama antara manfaat dan mudharatnya.

Specialized fit professor Aaron Post menyarankan keseimbangan biomekanik dengan permukaan jalur dan gaya bersepeda untuk menemukan lebar handlebar yang sesuai.

Evolusi Dari Handlebar Lebar

Seperti semua komponen yang kita pakai sekarang, handlebar juga telah berubah secara dramatis sejak masa2 awal olahraga favorit kita ini. Pada awalnya disana hanya ada "mountain bikes", sekarang disini kita mempunyai segala macam spesies dari sebuah sepeda dengan ban pacul seperti Cross Country, Trail, All-Mountain, Enduro, Freeride, Downhill, DJ dan Slopestyle-berikut dengan segala komponen yang didesain khusus bagi tiap jenisnya.

Noel Buckley adalah pemilik Knolly Bikes. Dia mempunyai latar belakang insinyur fisika dan telah menyaksikan sendiri bagaimana pasar MTB berkembang pesat dalam 20 tahun ini. "Perubahan dalam gaya bersepeda, kemajuan2 dalam geometri sepeda full suspensi dan travelnya, munculnya aplikasi baru (antara lain sepeda DH) telah membuat pabrikan untuk membuat handlebar yang lebih lebar daripada handlebar standar sepeda XC 20 tahun yang lalu.", kata Buckley.

Latar belakang insinyur membuatnya menjadi sangat analitis dalam memandang persoalan mengenai lebar handlebar, meskipun dia mengakui bahwa tak ada hal yang ilmiah sama sekali dalam menentukan lebar handlebar yang ideal bagi seseorang.

Handlebar lebar bisa memberikan kontrol yang lebih baik tetapi ia belum tentu sesuai untuk semua orang dan semua jalur.

"Tak ada jawaban yang sederhana disini: meskipun hanya membuat tabel perbandingan antara tinggi rider vs aplikasi frame vs lebar handlebar yang disarankan, akan jadi sulit dan mungkin tidak terlalu berguna. Faktor lokal seperti desain trail, pepohonan, bebatuan, dan keseimbangan antara gowes menanjak lawan gowes menurun akan membuat lebar handlebar yang sesuai akan bergeser antara 25-50mm dari perhitungan awal," kata Buckley. "Argumen yang pasti tentang penggunaan handlebar lebar yaitu mereka akan memberimu daya ungkit yang lebih besar untuk mengemudikan roda depan: hal ini semestinya akan membuat pengendalian sepeda akan jadi lebih mudah. Pada umumnya, hal ini adalah benar. Pada akhirnya, sangatlah susah untuk berkata bahwa handlebar lebar = stem lebih pendek, rider lebih kecil = handlebar lebih sempit, dan sepeda yang rendah (low) dan rebah (slack) lebih cocok dengan handlebar lebar daripada sepeda yang tinggi dan tegak (steep). Namun prinsip inpun tergoyahkan dengan meningkatnya jumlah handlebar dengan lebar 710-740mm di pasar sepeda trail - yang mana 5 tahun lalu ditahbiskan sebagai lebar handlebar sepeda DH."

Lebih Lebar Belum Tentu Lebih Baik

Seperti hampir di semua aspek dalam kehidupan ini, persoalan lebar handlebar akan lebih tepat jika dilihat dengan kacamata moderasi dan kepraktisan. Kalau jalur sepeda kamu sangatlah sempit, ditumbuhi banyak pepohonan dan mempunyai sedikit bagian jalur cepat maka handlebar yang lebih lebar malah akan menjadi penghalang. Jika handlebar kamu sangatlah lebar sehingga kamu bersepeda dengan lengan yang menjulur ke depan dan pundak yang kaku mengunci maka akan kamu lihat bahwa badanmu pun akan berreaksi lebih lambat ketika ada rintangan yang harus dihindari. Demikian juga jika frame kamu kecil dan pundakmu pun sempit, maka handlebar lebar akan menjadi sangat tidak nyaman sama sekali.

Tuh kan gak bisa lewat!

Aaron Post adalah seorang "fit professor" dari Specialized. Dia mencatat bahwa walaupun ada keuntungan nyata dari memakai handlebar lebar, tetapi dia bukan untuk semua orang, dan bahkan bisa jadi sangat merugikan, tergantung dari bagaimana dan kemana kamu pergi bersepeda.


"Trend lebar ini berasal dari rider yang gaya bersepedanya sangat teknikal, pada medan yang sangat cepat, dimana kondisi jalurnya memaksa rider untuk sanggup menahan handlebar atau terlepas. Kalau jalur kamu tidak terlalu teknikal maka handlebar lebar tidak diperlukan. Lebih seringnya, secara biomekanikal akan lebih mudah bagi seorang rider untuk menahan badannya sendiri dengan handlebar yang lebih sempit, kamu akan memerlukan handlebar lebar sejalan dengan kondisi medannya nanti," kata Post.



Post memakai push-up sebagai contoh. Sangatlah mudah untuk melakukan push-up jika tangan kamu terbuka sedikit lebih lebar daripada pundakmu daripada ketika tanganmu terbuka lebar ke samping. Tanda lain jika kamu (memakai handlebar) terlalu lebar adalah rasa sakit atau rasa tidak nyaman diantara tulang belikat dan punggung bagian atas.



Handlebar, Stem dan "Rasio Emas"



Jika panjang handlebar kamu bertambah, maka jangkauan tanganmumu akan berkurang. Handlebar lebar akan menggeser titik berat badanmu ke depan. Makanya diperlukan pemasangan stem yang lebih pendek untuk mengembalikan titik berat kamu ke tengah.

Stem pendek diperlukan agar jangkauan tanganmu tetap konsisten ketika memakai handlebar lebar.



Rumus jempol umumnya untuk menjaga rasio perbandingan 2:1 dari lebar handlebar ke panjang stem: untuk tiap tambahan panjang 20mm pada handlebar maka kamu harus kurangi panjang stem sebanyak 10mm. Jadi kalau biasanya kamu memakai handlebar 660mm dengan stem 100mm, dan ingin mengganti dengan handlebar 700mm, maka kamu harus memasangkan handlebar 700mm tadi dengan stem 80mm untuk menjaga posisi badan yang konsisten pada sepeda.



Seperti rumus jempol lainnya, perbandingan 2:1 ini bukan berarti absolut. Dan, seperti yang Post tekankan, rumus ini hanya berguna jika kamu memulainya dengan posisi yang pas dan nyaman. "Kalau kamu sudah terlanjur gak suka di posisi awal maka semuanya akan sia-sia."



Uji Beberapa Kali, Ukur Dua Kali, Potong Hanya Sekali


Sangatlah penting untuk diingat bahwa hanya karena kamu telah membeli handlebar ukuran 800mm bukan berarti kamu harus memakainya begitu saja.

"Pabrikan selalu membuat handlebar dengan ukuran sedikit lebih panjang dari yang dibutuhkan, maksudnya agar bisa memberi konsumen pilihan untuk memotongnya sesuai dengan kebutuhan. Banyak rider keliru menganggap panjang tambahan ini adalah sudah pasti sesuai dengan ukuran tinggi, setelan sepeda dan aplikasi bersepeda mereka," kata Buckley.

Kerjakan ke arah keluar dari posisi awal untuk mendapatkan lebar yang sesuai. Pastikan mencoba berbagai macam ukuran lebar.

Sangatlah mudah untuk bereksperimen dengan lebar handlebar, terutama jika kamu memakai hand grip yang ada bautnya (lock-on). Dengan handlebar lebar terpasang, pasanglah semua kontrol dan lever dengan posisi yang sama seperti pada handlebar lama dan secara bertahap geserlah keluar sampai kamu mendapatkan posisi yang nyaman dan sesuai. (Hal ini mungkin juga akan membutuhkan penggunaan beberapa stem yang berbeda)
Jadi sediakanlah beberapa jam waktu untuk bereksperimen dan pastikan kamu telah memasang tutup ujung handlebar (bar plug) sebelum mulai bersepeda!

Pastikan bar plug sudah terpasang sebelum memakai sepedanya!

Yup, saya sendiri juga berulang kali bereksperimen terhadap handlebar, ada yang sudut tekukannya pas tapi panjangnya kurang. Ada yang beli dari baru dengan ukuran 780mm dan maksa langsung pakai aja, sampai2 ada teman yang bilang mirip sama handlebar becak :-), akhirnya dapet bonus tangan dan punggung yang sakit. Baru setelah dipotong sedikit jadi terasa nyaman dipakai.

Tekanan Ban Sepeda MTB

Mountain Bike Tire Pressure
Tekanan Ban Sepeda Gunung
Segalanya yang harus kamu ketahui tentangnya
Diterjemahkan dari bikeradar.com

Bagaimanakah mendapatkan tekanan ban yang sempurna untuk segala medan.




Pertanyaan: Saya nubi di dunia MTB, jadi maafkan jika terdengar lucu, seberapa pentingkah untuk mengikuti petunjuk tekanan ban yang disarankan? Mereka sepertinya terasa lebih keras dari yang seharusnya saya pakai.

Jawaban: Tekanan ban adalah salah satu komponen kritis untuk menggunakan MTB kamu secara maksimal. Ada beberapa variabel untuk menentukan radius tekanan angin yang ideal bagi ban sepeda. Banyak diantaranya diluar kendali pabrikan, menyebabkan mereka jadi serba salah dalam hal peringatan. "Hal itu adalah urusan pengacara, tentunya," kata sales manager Schwalbe Original Equipment Amerika Utara, Henry Horrocks.

Tekanan maksimum ban bukanlah tekanan dimana ia akan meletus seperti sebuah balon; lebih seringnya adalah rim yang tidak kuat menahan tekanan. Tidak semua rim sepeda diciptakan sama; beberapa dapat menahan tekanan lebih tinggi dari yang lain. Perusahaan sama sekali tidak tahu dengan ban apakah rimnya akan dipasangkan nanti oleh konsumen. Konsekuensinya, tekanan maksimum yang disarankan cenderung sangat konservatif alias aman.

Bagi mountain bikers, biasanya soal tekanan maksimal ban adalah bukan suatu masalah, secara banyak rider memakai tekanan jauh dibawah batas ini. Banyak orang - termasuk saya - sering memakai tekanan dibawah batas minimal, apalagi jika memakai ban tubeless.

Mengapa lebih rendah? Well, dia bisa membuat ban melaju dengan lebih kencang dan lebih menyerap guncangan serta bisa menambah traksi sekaligus nyaman. Ada beberapa penelitian yang mendukung hal ini (walaupun kebanyakan lebih fokus pada ban aspal). Dalam dunia MTB, menemukan tekanan ban yang ideal buat seorang rider adalah sebuah pencapaian yang berkualitas.

Jika batas tekanan maksimal adalah pelindung bagi kekuatan rim, maka tekanan minimal yang disarankan adalah pelindung bagi kamu, sang rider. Jika tekanan terlalu rendah maka ban bisa melintir, terlepas dari rim, atau bersendawa mengeluarkan sedikit angin selagi kamu menikung. Bersepeda dengan ban yang kurang angin juga bisa menyebabkan casing ban melipat berlebihan, membuatnya bisa aus sebelum waktunya. Yang terbaik, menentukan batas minimal yang disarankan adalah sebuah perkiraan yang cerdas dari apa yang berhasil bekerja bagi kebanyakan orang. Maksudnya adalah pabrikan telah memberi jalan bagi konsumen agar mengira2 dengan cerdas agar tidak sembarangan dalam menentukan tekanan yang sesuai dengan cara mencetak angka2 tersebut disamping ban.

Petunjuk dari pabrikan sangat dekat dengan hasil ideal tetapi kamu tetap memerlukan beberapa kali eksperimen agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Variabel2 yang mempengaruhi kemampuan ban dibagi dalam 6 kategori, dan ketika pabrikan tidak mampu menghitungnya, kamu bisa.

6 hal yang harus diperhitungkan dalam menemukan tekanan ban yang sempurna

1. Berat rider: Bagaimana ban bekerja dalam sebuah tekanan tertentu sangatlah berhubungan dengan berat rider. Contoh, rider dengan berat 66kg akan merasakan ban 26x2.25in dengan tekanan 35psi terasa terlalu keras dan kurang traksi, mudah selip.
Sebaliknya, rider berat 113kg dengan ban bertekanan terlalu rendah akan mengalami ban melintir bahkan bocor.

35psi akan terasa sangat berbeda pada kedua ban ini

2. Volume ban: Volume ban dan tekanan, keduanya saling berkaitan. Volume ban akan menentukan bagaimana sebuah tekanan akan terasa. Contoh, ban 700x25mm dengan tekanan 35psi akan terasa hampir kempes, sedangkan ban 26x3.8in dengan tekanan sama akan terasa keras seperti batu - rodanya akan membal dari seharusnya meredam getaran jalan.

Tekanan ban berpengaruh besar dalam bagaimana sepedamu bekerja

3. Permukaan jalan: Seperti apakah jalur lokal di daerahmu? Cepat dan mengalir? Atau bebatuan tiada habisnya? Jika sama seperti yang terakhir, pastikan menambah tekanan angin untuk melawan bocor dan kerusakan dinding ban.

Banyak bebatuan? Pastikan menambah tekanan anginnya

4. Gaya bersepeda: Bagaimana cara kamu bersepeda sama pentingnya dengan kemana kamu bersepeda. Lebih agresif gayanya, harusnya lebih keras lagi tekanan bannya. atau kamu adalah tipe "halus" - apakah kamu bersepeda dengan santai? Apakah kamu berusaha melewati garis yang paling bersih sewaktu melewati rock garden, atau kamu lebih memilih genjot libas jalur habis2an? Apakah kamu lebih suka roda kamu tetap menempel tanah, atau kamu lebih menikmati jump dan drop off?

5. Lebar rim: Hal ini berperan kritis dalam menentukan seberapa rendah kamu bisa coba tanpa mengorbankan kemampuan ban. Rim yang lebar akan lebih mampu menopang ban daripada rim yang sempit. Dengan sebuah ukuran ban, rim yang lebar akan bisa dipakai dengan tekanan yang lebih rendah tanpa resiko ban terpelintir dan melipat.

6. Konstruksi ban: Bagaimana sebuah casing ban dibuat berpengaruh pada bagaimana rasanya pada tekanan tertentu, sama seperti berat badan kamu. Ban dengan angka casing TPI (threads per inch) tinggi biasanya lebih kuat menahan beban darpada ban dengan angka TPI rendah.

Kamu mungkin akan mendapatkan perlunya menambah tekanan ban ketika bertukar dari ban ber-TPI rendah ke ban dengan TPI tinggi, begitu juga sebaliknya. Juga, jenis ban dengan fitur dinding yang lebih kaku seperti ban tubeless/UST akan memerlukan tekanan yang lebih rendah untuk mencapai tingkat performa yang sama dengan ban biasa dengan casing yang tipis.

Ban dengan dinding yang diperkuat memberikan perlindungan tambahan dari sayatan dan gesekan, juga bisa dipakai dengan tekanan yang lebih rendah

Memilah2 tekanan ban yang sesuai untuk kamu setara dengan sebuah seni ataupun sains. Ingatlah akan 6 faktor ini dan sediakanlah waktu untuk bereksperimen dengannya. Pastikan untuk membawa pompa, dan jika mungkin, sebuah pengukur tekanan untuk membantumu mendapatkan angka yang sempurna.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menemukan tekanan ban yang tepat buat kamu sendiri? Bagilah ukuran kamu, dari ban, permukaan jalan, sampai ke berat rider dan tekanan anginnya, pada kolom komentar dibawah.