Wednesday, April 3, 2013

Top Tips Untuk Rider Pemula

Top Tips Untuk Rider Pemula
Diterjemahkan dari bikeradar.com
Oleh John Stevenson, editor internasional bikeradar.com


Dan majulah mereka...! Kelas sedang dimulai sementara Tara Bosch mengawasi

Kalau kamu sedang mengawali bersepeda, atau kamu sedang menyarankan seorang pemula untuk bersepeda, apakah hal2 penting yang harus kamu ketahui?

Itulah yang bikeradar tanyakan kepada Tanya Bosch, seorang instruktur sepeda di Australia ketika kita sedang mengikuti programnya yang bernama Kembali Belajar Bersepeda awal September lalu di Sydney, Australia. Inilah 5 top tips dari Tanya:

1. Pastikan sepedanya pas dengan kamu.
Tanya sering melihat banyak rider memakai sepeda yang terlalu kecil atau terlalu besar, hal ini akan bermasalah nanti dalam pengendalian dan kenyamanan.




Stop! Scott mempraktikkan cara berhenti dari sepeda

2. Belajar stop dan start dengan lepas dari sadel sepeda.
Sekali duduk dalam ketinggian sadel yang pas, akan sulit bagi kaki rider untuk bisa menjejak tanah dengan pantat tetap berada diatas sadel. Lebih mudah untuk maju ke depan dan berdiri mengangkangi sepeda, namun kebanyakan pemula kesulitan untuk stop atau start sewaktu mereka tidak duduk diatas sadel. Tanya menyarankan untuk berlatih di tempat aman seperti parkiran mobil yang sepi atau di kompleks perumahan.

3. Nikmati gowesnya, pergilah ke tempat yang belum pernah kamu lewati.
Jelajahilah kotamu. Banyak pesepeda, termasuk yang berpengalaman yang tidak pernah melakukannya. Mereka kelewatan hal seperti bagaimana sepeda bisa masuk ke tempat2 sempit di daerah yang sudah kamu ketahui dengan baik, yang biasanya hanya terlihat dari dalam mobil.

4. Rencanakan rute kamu sendiri.
Jika ada perjalanan yang rutin tiap hari kamu jalani seperti bekerja, belanja atau mengunjungi teman, janganlah melewatinya dengan rute yang sama seperti ketika menyetir mobil. Biasanya ada banyak jalur pintas yang lebih sepi dan menyenangkan.

5. Gabung dengan grup bersepeda.
Ada banyak perkumpulan bersepeda dengan segala macam tingkat dan aliran. Langkah yang tepat adalah bertanya ke toko sepeda terdekat.

Pemula Total.
Dengan makin banyaknya minat masyarakat akan bersepeda dalam beberapa tahun ini, banyak orang yang kembali bersepeda meskipun terakhir kalinya adalah sewaktu mereka masih kecil, bahkan ada juga yang baru saja belajar bersepeda. Pelatih bersepeda Tanya Bosch membuka kursus yang aktual dan efektif ini di Sydney bagi pemula, juga bagi rider yang ingin meningkatkan keterampilan bersepeda di dalam kota atau secara umum.


Keluarkan lututmu. Tara Bosch sedang mendemonstrasikan menikung

Sebagai coach dengan level 2 dan pebalap track yang masih aktif, Bosch juga melatih pebalap sepeda, namun dia merasa lebih puas jika berhasil melatih anak yang baru belajar sampai bisa bersepeda.


Slalom! Para pesepeda sedang berlatih melewati jajaran kun

Melihat Bosch dalam sebuah grup pesepeda, kelihatan bahwa dia selalu mengamati sebuah masalah secara berulang kali.
Pemula selalu bermasalah dalam hal2 yang biasanya selalu mengejutkan rider berpengalaman. Jika kamu rider berpengalaman yang sedang melatih pemula, hal ini perlu diingat.


Lihat arah kemana kamu belok

Tinggi sadel adalah hal yang pemula paling sering keliru, kata Bosch. Mereka cenderung memasang sadel terlalu rendah dengan alasan agar mudah menjejak tanah. Masalahnya ketika kamu mulai menaikkan sadel ke tinggi yang pas, maka kamu harus belajar bagaimana start dan stop gowes dengan pantat diangkat dari sadel - hal ini adalah sebuah keterampilan sendiri, yang Bosch ajarkan sebagai bagian dari kursusnya. Pemula akan berlatih start dan stop di area beraspal sebelah taman yang mempunyai atap untuk berteduh jika sewaktu2 hujan turun.


Arahkan ke kun. Emily sedang melakukan latihan presisi

Kesemuanya saling membantu. Emily Scobie, direktur akuntansi dari sebuah perusahaan marketing berkata bahwa sesi berlatih sangat membantu dia dengan teknik2 yang baik dan kesadaran akan jalan secara umum.
Gir juga membingungkan bagi pemula, hal yang sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Meskipun beberapa dari kita ada yang sudah bersepeda selama bertahun2 terkadang juga mengalami salah gir. Menariknya, Robyn, salah satu dari beberapa pemula, tidak mendapatkan masalah yang berarti dengan girnya karena kombinasi gir tunggal dan sproket lebar pada sepeda jelajah yang dimilikinya.
Sesudah mereka bisa menggelinding maju, tikungan menurun dan tikungan cepat akan sangat mengacaukan pemula, kata Bosch. "Ketakutannya sama seperti seperti rider pehobi MTB yang sedang mencoba DH untuk pertama kalinya," katanya. Satu2nya jalan untuk mengatasi hal ini adalah dengan berlatih terus menerus.

Kursus mendalam tentang quick release yang meresahkan sangatlah penting

Ketidakakraban mereka dengan mesin2 ini berarti pemula juga terganggu dengan aspek perawatan dari sepeda, meskipun biasanya mereka sangat berminat dalam belajar. Salah satu trik penting yang banyak orang kesulitan adalah melepas dan memasang kembali roda depan, sebuah teknik yang Bosch ajarkan karena ia akan berguna untuk membawa sepeda dengan mobil. Emily Scobie sangat menanggapi bagian kursus yang ini karena katanya memberi dia "Keyakinan diri ketika melepas dan memasang roda dan belajar untuk tidak mengacaukan kabel2nya". Kabel remnya pernah melintir disekitar head tube, menyebabkan rem menggeser rim terus.

Bosch berkata bahwa dia sangat terkejut ketika mengetahui hanya sedikit dari pemula yang bersepeda untuk kesehatannya. Banyak sekali yang tidak fit dan tidak melihat bahwa sepeda bisa membuat mereka jadi lebih sehat, mereka hanya memandang sepeda sebagai alat transportasi. Bosch menyemangati rider untuk menantang diri mereka sendiri dan bersepeda lebih konsisten sebagai jalan yang samar untuk membuat mereka jadi lebih sehat.


Latihan memberi tanda belok

Keyakinan rider yang terdorong mungkin adalah hal paling bernilai dari kursus2 seperti ini. Latihan2 seperti belajar memberi tanda belok dengan cara belajar untuk bersepeda dengan satu tangan, belajar bersepeda diantara tiang2 sempit dan berlatih berhenti secara mendadak, semuanya menambah keyakinan rider. "Membuatmu siap menghadapi rintangan berikutnya." kata Scobie. Sangat baik sekali untuk lebih menarik minat orang akan bersepeda.


Segalanya tentang posisi


Lingakaran yang semakin mengecil - rider akan lebih percaya diri pada belokan sempit


Latihan ini membuat rider mampu bernegosiasi dengan jarak yang makin sempit

Catatan pemilik blog:
Ck ck ck...diluar negri sana urusan belajar naik sepeda aja ditangani secara serius ya? Memang sudah seharusnya bersepeda tidak dipandang sebelah mata. Dengan awal latihan yang benar seperti program latihan diatas maka diharapkan para rider ini bisa lebih mahir bersepeda, dan akan bersepeda dengan benar kapanpun dan dimanapun!





2 comments:

  1. Halo om, salam kenal ya. Pemula belajar MTB om.. tapi baru jalan sekitar rumah aja. ikut mantau om :)

    ReplyDelete