Friday, May 10, 2013

5 Alasan Untuk Tidak Merubah 26in Ke 650b

Oleh Josh Patterson dari BikeRadar


Sangat sedikit jarak main buat lumpur pada Fox 26in dengan ban Maxxis HighRoller 650b ini

Pertanyaan: Saya penasaran dengan roda 650b, tapi masih belum siap untuk membeli sebuah sepeda trail yang baru. Saya baca di banyak forum bahwa ada kemungkinan untuk merubah sepeda 26in ke roda 650b. Apakah sangat berharga untuk merubah sepeda 26in saya ke 650b untuk mengetahuinya?

Jawaban: Bisakah? Terkadang. Mantapkah? Nah, itu adalah hal lain. Akan saya sarankan lima alasan untuk tidak melakukannya dibawah.

Kamu tidak sendirian jika ingin merubah sepeda trail 26in kamu ke sepeda dengan roda 650b. Keinginan untuk merubah sepeda 26in yang ada ke 650b menjadi makin besar, karena para rider ingin merasakan dulu bagaimana rasanya sebelum membeli sepeda 650b yang asli nantinya.

Banyak sekali alasannya - utamanya terhadap kesehatan dompet kamu - untuk  memasang roda yang lebih besar ke dalam frame yang sudah kamu miliki. Tapi sebelum kamu pergi ke LBS dan mulai membongkar sebuah sepeda 26in yang sudah sempurna, inilah beberapa hal yang patut kamu perhatikan.

Lima alasan untuk TIDAK merubah sepeda 26in kamu ke 650b.

1. Bukan hal yang pasti

Ada tak terhitung banyaknya jumlah thread forum yang tertuju kepada memasukkan roda dengan ukuran sedikit lebih besar dari yang seharusnya ke dalam sebuah frame 26in. Banyak dari percakapan di forum mengenai konversi dalam menentukan frame dan garpu mana yang sesuai untuk perubahan ini.

Tidak ada garansi kalau frame 26in kamu bisa mengakomodasi roda 650b. Kamu juga tidak menyebutkan frame apa yang kamu miliki. Jika kebetulan kamu mempunyai Santa Cruz Blur TRc atau Ibis Mojo HD - dua frame yang paling populer untuk konversi 650b - maka hal tersebut sangatlah mungkin untuk dilakukan, meskipun kedua perusahaan tersebut setuju untuk berkata bahwa sangatlah tidak ideal untuk merubahnya.

2. Hanya karena rodanya bisa masuk bukan berarti akan bisa berfungsi

Jangan senang dulu jika sepedamu bisa menerima roda 650b. Ketika sepertinya ia bisa berfungsi normal pada dudukan sepeda, ujian sebenarnya datang ketika kamu kosongkan seluruh udara dari suspensi depan dan belakang. Pada tekanan penuh roda belakangnya mungkin akan menyentuh seat tube. Lebih mengkuatirkan lagi, ban depannya mungkin akan menyentuh crown dari garpu depan ketika ditekan penuh.


Jangan salahkan frame-nya jika roda 26in sudah pas

Penyelesaian dari masalah benturan antara suspensi/ban adalah termasuk beberapa macam solusi darurat; beberapa lebih dapat diandalkan daripada yang lain, dan semuanya mengurangi kemampuan sepeda mulai dari sedikit sampai banyak.

Beberapa garpu 26in dapat mengakomodasi roda 650b, meskipun kamu memerlukan penambahan bumper karet untuk mencegah garpunya mencium ban depan, dan kamu juga harus membatasi suspensi belakang dengan cara yang sama.

Selain dari menambah bumper karet ke garpu 26in-mu, kamu bisa membeli garpu khusus 650b, yang mana akan mempengaruhi handling sepedamu itu sendiri.


Hal seperti inilah yang bisa menjadi alasan untuk tidak memasang roda 650b ke garpu Fox 26in sebelum cek batas travelnya

3. Kecilkan ban, kecilkan perbedaan

Opsi lain yang seringkali dipakai untuk meminimalkan benturan antara garpu dan frame adalah dengan memakai ban dengan volume/ukuran yang lebih kecil. Ketika dengan melakukannya berarti bisa mengatasi masalah jarak main ban, hal tersebut juga akan mengurangi kemampuan sebenarnya dari roda 650b.

Pertanyaan: Apakah perbedaan dari roda 650b dengan ban terpasang berukuran 2.1in dengan roda 26in yang terbungkus dengan ban 2.35 bermotif agresif?

Jawaban: Sangat kecil jika dilihat dari diameter luar, tetapi sangatlah besar jika dilihat dari sisi kemampuannya. Jika kamu berada pada situasi seperti ini, saya sarankan untuk tetap bertahan dengan roda yang lebih kecil namun mempunyai ban yang lebih besar.


Jarak main bebas sangatlah tipis dengan ban trail. Maukah kamu memakai ban XC yang kurus?

4. Kemampuan terbaiknya akan menjadi setengah2

Demi latihan ini, mari berimajinasi bahwa kamu memilih untuk tidak menghiraukan nasihatku dan tetap maju serta sukses merubah ukuran roda sepeda 26in kamu.

Segalanya mungkin akan menjadi baik. Setidaknya, kamu harus membeli sepasang ban baru, roda serta mungkin sebuah garpu, dalam misi mengejar ukuran roda yang sedikit lebih besar - pastinya lebih murah daripada membeli sebuah sepeda baru.

Sebaliknya, kamu mungkin akan menemukan bahwa - meski apapun yang kamu baca dan dengar tentang sepeda 650b - reaksimu sangatlah apatis, entah karena hasilnya hanyalah penambahan diameter rim sebesar 25mm saja, atau jumlah dari variabel lain yang secara tak sengaja telah kamu hitung?

Jika satu2nya hal yang kamu lakukan adalah memasang roda 650b ke dalam frame-mu maka kamu akan menambah tinggi bottom-bracketnya. Jika kamu tambahkan bumper karet ke suspensinya untuk meminimalkan resiko mentok maka kamu juga akan mengurangi travel sepedanya. Ada kemungkinan lainnya, sebagai hasil dari memasang roda 650b, maka kamu harus memasang roda dengan ukuran ban yang lebih kecil/sempit dari biasanya untuk meloloskan frame dan garpu depan. Jika kamu memilih untuk memakai garpu khusus 650b maka kamu juga akan merubah derajat head tube (lebih rebah tentunya), menaikkan bottom bracket serta membuat wheelbase jadi lebih panjang. Sepertinya lebih baik jika kamu membeli - selain membuat - sepeda baru khusus 650b.

Sangatlah sulit nantinya untuk merasakan kenikmatan roda berukuran 650b jika ternyata sangat banyak faktor yang harus dikorbankan. Tidak ada satu pun konversi 650b yang akan berkemampuan sama dengan mesin yang memang dirancang khusus untuknya.

5. Kesabaran akan mendapatkan hasilnya

Tanyalah kepada dirimu sendiri, apakah sebegitu berartinya untuk memaksakan memasang roda dengan ukuran yang hanya sedikit lebih besar kepada frame-mu dan garpunya hanya untuk mendapatkan sedikit traksi dan keunggulan roll-over dengan resiko berkurangnya jarak main ban, unjuk kerja suspensi dan handling?

Akan ada banyak sekali model2 650b - segalanya dari sepeda hardtail ke downhill - yang akan tersedia di bulan2 yang akan datang. Pada akhir tahun, sangatlah mungkin segala roda, ban rim dan suspensi favorit kamu akan tersedia dalam ukuran 650b. Dan jika kamu belum siap dana untuk membelinya, kemungkinan ada teman2 kamu yang akan memakainya. Cobalah sepeda dengan desain khusus 650b dan ambil kesimpulannya dari sepeda tersebut, bukan dari sepeda 26in yang sudah dirubah ke 650b.

Dan jika saya boleh bertaruh, saya akan pastikan bahwa semua sepeda trail dan all-mountain 26in yang selama ini dipakai untuk konversi ke 650b juga akan dibuat versi khusus 650b nantinya...

4 comments: