Friday, April 5, 2013

Mengenal Balapan Enduro

Beginner's Guide To Enduro Racing

diterjemahkan dari bikeradar
Balapan Enduro sering dikatakan sebagai hal besar berikutnya dalam dunia MTB, tetapi apakah dia sebenarnya? Bacalah untuk mengetahui lebih lanjut dan mengapa kamu mungkin akan mencobanya.


Balapan gravity enduro itu seperti pergi gowes dengan teman2 kamu, hanya ditambahkan hitungan waktu selagi downhill

Apakah Balapan Enduro itu?
Ada petunjuk di namanya - yaitu balapan dengan elemen enduro alias daya tahan. Pada awalnya, balapan enduro adalah cross country dengan jarak yang sangat jauh, namun sekarang lebih dikenal dengan nama balap marathon. Balapan enduro masa kini sangatlah berbeda, dengan penekanan lebih pada kenikmatan downhill yang didapatkan dari penderitaan uphill. Ada dua macam balapan enduro, yaitu enduro downhill dan gravity enduro.

Apakah bedanya?
Even balapan enduro downhill seperti Megavalanche di Perancis dan Mountain Of Hell adalah yang mengawali balapan ini pertama kali - balap menuruni gunung secara jarak jauh, dengan peserta start secara masal dan sedikit seksi uphill untuk memanaskan acara serta tambahan salju yang licin di turunan puncak yang akan menambah faktor kesenangan!
Tidak semua dari kita yang beruntung sekali bisa hidup di daerah pegunungan, dan disitulah balap gravity enduro lahir. Tidak adanya daerah yang memiliki area downhill panjang, membuat organiser lomba harus kreatif. Apa yang mereka hasilkan yaitu bentuk balapan yang memadukan seksi downhill yang dihitung waktunya dengan seksi uphill yang tidak dihitung waktunya, meskipun keduanya harus diselesaikan dalam batasan waktu yang telah ditentukan.


Seret tungkaimu selama tanjakan bila perlu dan ini gak bakal pengaruhi hitungan waktu & kecepatanmu sewaktu turunan

Even gravity enduro terbaik yang diketahui adalah Trans Provence (dari namanya aja udah kelihatan - antar propinsi...kayak bus aja) di Perancis dan Canadian Open Enduro di Crankworx Whistler, Kanada (ini yang sering disebut2 Mekkah-nya MTB). Di Amerika Utara, gravity enduro terkadang disebut sebagai "balapan all-mountain" dengan lomba tak resminya yang tenar disebut dengan nama All-Mountain World Championship yang diadakan di Downieville Classic, Kalifornia setiap bulan Agustus.

Apa sih yang bagus tentang balapan enduro?
Balapan downhill memerlukan nyali sekeras baja dan perlengkapan serba mahal, dan cross country utamanya soal kebugaran saja, tetapi siapapun dengan sebuah sepeda trail yang mumpuni dan punya cukup stamina untuk gowes di jalur lokal mereka selama beberapa jam bisa mencoba balapan enduro.
Kamu akan mendapatkan jatah gowes lebih banyak daripada balapan downhill dengan uang pendaftarannya, dimana kalau downhill kamu hanya mendapat satu final run dan beberapa kali latihan saja. Tidak seperti downhill, hal ini berarti jika ada kesalahan atau kendala teknis belum tentu akan membuatmu gagal berlomba.
Hal besar lainnya tentang balapan enduro yaitu atmosfernya yang bersahabat. Ketika para pebalap top dipastikan mengincar kemenangan, lebih jauh kebawah, ini semua hanyalah tentang bagaimana mencoba maju start dan menikmati saat ngobrol bercanda di garis finishnya.


Banyak pebalap downhill yang  beralih ke gravity enduro karena mendapatkan lebih banyak waktu diatas sepeda

Siapakah rider yang harus dilihat?
Orang2 Perancis biasanya mendominasi lomba, dari mantan juara dunia downhill Nicolas Vouilloz dan Anne-Caroline Chausson sampai ke spesialis enduro seperti Jerome Clementz dan Remy Absalon. Walaupun begitu, orang Inggris dan Amerika sedang mengejarnya, dengan Dan Atherton dan Tracy Moseley yang sedang berpindah dari downhill, dan Mark Weir, Adam Craig dan Ross Schnell - semuanya sedang mengejar nama besar all-mountain.

Tipe sepeda apakah yang dibutuhkan jika ingin mencoba balapan enduro?
Hampir semua pebalap enduro memilih sepeda trail atau all-mountain full suspension dengan travel antara 140mm-170mm. Tak ada aturan yang melarang pemakaian hardtail atau sepeda cross country ringan, tetapi kamu akan bekerja ekstra keras sewaktu seksi turunan nanti, sama seperti sepeda ber-travel panjang seperti freeride dan downhill yang nanti juga akan menjadi beban sewaktu tanjakan.
Pemasangan chain guard dan RD berkopling (seperti Shimano Zee & Saint) sangatlah bagus karena bisa membuat rantaimu sanggup bertahan saat melewati seksi bebatuan. Ban downhill bervolume besar sangatlah baik dipakai juga - mereka lebih tahan bocoran serta lebih nyaman pula - sedangkan stem pendek dan handlebar lebar lebih menunjang kontrol, dan sebuah telescopic seat post akan mempermudah manuver sepeda ketika kondisinya membutuhkan.


Gravity enduro menarik segala jenis rider dengan segala jenis sepedanya

Apakah perlu perlengkapan sepeda khusus?
Helmet full-face sangatlah bagus untuk jalur berbatu tetapi helmet trail standar juga bagus untuk even yang lebih membutuhkan banyak pedalling. Pelindung lutut, sarung tangan dan pelindung mata sangatlah penting. Tas minuman dengan perlengkapan standar minimal seperti ban dalam, pompa dan kunci2 juga penting.

Kemana bisa mencobanya?
Bersamaan dengan seri dunia yang baru, beberapa negara Eropa mempunyai even sendiri2 dan balapan enduro sudah mulai muncul di Amerika Utara pula. Inilah beberapa seri di dunia, harap diingat bahwa tiap balapan mempunyai regulasi sendiri2 jadi jangan lupa untuk membaca dengan teliti segala peraturannya!


Series:

Enduro World Series (rounds in Italy, France, USA, Canada)
Bluegrass Enduro Tour (Italy, France, Scotland, Ireland)
Specialized Enduro Series (Germany, Austria, Italy, Switzerland)
North American Enduro Tour (Oregon, Colorado, Utah and British Columbia)
Coupe de France (France)
Superenduro (Italy)
UK Gravity Enduro (England, Scotland, Wales)
Gravity Enduro Series (Ireland)

One-off events:

Downieville Downhill and All-Mountain World Championships (California)
Mavic Trans-Provence (France)
Megavalanche Alpe d’Huez (France)
Mountain of Hell (France)



Garis finish sudah terlihat - sekarang waktunya untuk ngobrol bercanda!

Catatan pemilik blog:
Hmm...sangat menarik sekali ya balapan enduro ini, kalau di Indonesia setahu saya ada satu even di Jawa Barat, kalau di Jawa Timur sepertinya belum pernah diadakan. Sebenarnya balapan enduro ini adalah esensi dari apa yang selama ini sering kita jalani selama bersepeda bersama - bersusah payah naiki tanjakannya hanya untuk menikmati turunannya kemudian. Tapi saya pribadi lebih suka balapan gravity enduro karena waktu tanjakannya gak usah dihitung :-) Kalau ada evennya gak ada salahnya nanti kita ikutan ramai2 sambil sekalian ajang pembuktian latihan bersama Strava kita...! Siyapp...???

No comments:

Post a Comment