Thursday, May 9, 2013

Akankah 650b (27.5in) menggantikan roda 26in?



Sea Otter Classic 2013 baru saja berakhir, dan sejauh teknologi baru MTB memandang, roda, sepeda, ban dan garpu berukuran 650b (27.5in) dapat ditemukan bertebaran di tiap2 sudut pameran. Sepeda roda 29er juga mendapatkan banyak tempat, namun hanya sedikit saja sepeda roda 26in model baru yang tampil. Apakah tahun 2013 merupakan awal dari berakhirnya MTB dengan ban berukuran 26in?
Hal yang kemudian mengikuti biasanya adalah sesi rapat bisnis tentang teknologi sepeda MTB khususnya membahas masalah ukuran roda sepeda, yang berdasarkan masukan dari percakapan antara manajer produksi, model yang diluncurkan tahun ini serta tahun kemarin, juga banyak masukan dari opini pribadi.
Hal ini bukanlah - sekali lagi bukan - sebuah seruan atau ajakan untuk meninggalkan sepeda 26in (atau 29in) yang telah kamu miliki dan kamu sayangi dan lari ke toko sepeda terdekat (LBS) untuk menyerahkan sebagian hasil jerih payahmu untuk membeli sebuah sepeda MTB baru dengan roda 650b. Sama sekali bukan.
OK, sekarang mari kita lihat masa depan apakah yang mungkin akan terjadi dengan skenario tiga macam ukuran roda yang harus dipilih oleh seorang mountain biker.

Sedikit cerita awal

Sepeda touring dan randonneuring (Audax) telah lama memakai roda berukuran 650b. Ukuran tersebut juga bukanlah merupakan hal baru bagi dunia MTB. Builder frame seperti Tom Ritchey dan Joe Breeze telah membuat sepeda MTB berukuran 650b lebih dari 30 tahun yang lalu, yaitu pada masa2 awal lahirnya sepeda MTB.

Dengan banyak alasan, sepeda MTB dengan roda 26in kemudian mengambil alih dan menjadi ukuran baku dunia sampai akhirnya MTB dengan roda berukuran 29er (700c) muncul sekitar 10 tahun yang lalu.

Hal inilah - atau lebih tepat disebut tantangan yang dihadapi desainer frame seperti masalah suspensi belakang, chainstay panjang dan head angle yang terlalu tegak selama masa awal lahirnya sepeda 29in membuat Kirk Pacenti untuk mengembangkan rim dan ban 650b khusus untuk MTB pada tahun 2007. Butuh waktu beberapa tahun, namun sepertinya Pacenti telah bergerak ke arah yang benar.

Bertaruh untuk yang lebih besar sedikit

Tahun lalu (untuk model 2013), Norco, Scott dan Rocky Mountain telah menghapus ukuran 26in dan menggantinya dengan ukuran 650b untuk setidaknya satu dari sepeda trail mereka - Norco Range, Scott Genius dan Rocky Mountain Altitude, yang sekarang tidak lagi tersedia dengan ukuran 26in.
Ketika merek2 ini menggembar-gemborkan keuntungan dari roda dengan ukuran yang lebih besar (atau kecil, tergantung dari perspektif kamu), kelompok kelas berat lainnya seperti terlihat mengamati dari kejauhan saja. Tidak ada dari The Big Three (Giant, Specialized & Trek) yang terlihat seperti sedang ikut2an demam 650b. Namun beberapa minggu lalu Giant  tiba2 telah merilis model 2014 mereka, dan semuanya mempunyai roda 650b.
Specialized telah menyatakan bahwa mereka tidak berencana memproduksi 650b dalam waktu dekat ini. Peluncuran paling akhir dari Enduro 29 menunjukkan bahwa setidaknya perusahaan ini berkomitmen untuk mengembangkan sampai batas akhir dari apa yang mungkin untuk platform roda 29in.
Hal tersebut meninggalkan Trek sendirian. Mereka tidak juga mendukung atau menolak 650b pada model terbaru mereka. Akan kita pantau terus apa yang akan mereka tawarkan berikutnya.
Ketika dua dari Tiga Besar sudah menyatakan tidak mendukungnya, fakta bahwa Giant berencana mendukung roda 27.5in setidaknya telah menunjukkan masa depan yang cerah bagi roda 650b. Apakah hal yang sama bisa berlaku bagi roda 26in?

Tiga Itu Terlalu Banyak

Ketika ide bahwa dengan adanya tiga macam ukuran roda sepeda untuk dipilih sangatlah menarik bagi seorang MTBiker, kenyataannya hal tersebut bisa menjadi mimpi buruk bagi toko sepeda dan pabrik sepeda yang sedang bersaing dalam teknologi dan standar.

Manajer marketing produksi Giant global Andrew Juskaitis telah menyatakan bahwa dia merasa tiga ukuran roda adalah sangat tidak mendukung bagi sebuah industri seperti Giant. Jika indikasinya adalah jumlah perusahaan yang mendesain ulang model 26in ke roda 650b semakin berkembang, maka tren globalnya adalah lebih kearah penggantian daripada penciptaan dari model 650b untuk bertahan disamping saudaranya yang lebih kecil sedikit (26in).

Beberapa ide telah muncul mengenai bagaimana akhir dari perang ukuran roda ini. Dalam satu skenario, ukuran jatuh pada tiga kategori: 29er buat hardtail dan cross-country fullsusser, 650b buat trail dan all-mountain, serta 26in buat sepeda gravity/downhill.

Ada dua masalah dengan prediksi ini. Ia mengartikan bahwa pebalap XC tidak ingin memakai roda 650b (meskipun ukuran  roda tersebut bekerja dengan baik pada Nino Schurter, juara XC 2013) dan roda 26in lebih baik dari 27.5in untuk gravity riding.

Banyak tim downhill World Cup telah bereksperimen dengan roda 650b selama musim liburan. Seorang manajer produksi yang tidak ingin diungkap jati dirinya menyatakan bahwa pebalap pabrikannya telah mencapai hasil 1-2 detik lebih cepat dari pemakaian roda 650b. Dalam dunia balap waktu sepersepuluh detik sangatlah berarti apalagi jika sampai 1-2 detik maka berarti hal ini sangatlah signifikan. Akan kita lihat nanti pada pembukaan musim balap pada 8-9 Juni 2013 ini di Fort Williams, Scotland.

Jika 650b mengungguli 26in, meski dengan batas yang tidak begitu berarti bagi kebanyakan rider MTB, apakah hal tersebut cukup untuk menghapus seluruh roda ukuran 26in? Meski dari sepeda baru? Sepertinya, ya. Sebuah tebakan yang pasti jika kedepannya MTB 26in kelas atas akan semakin jarang. Tapi apakah ukuran tersebut akan mati? Belum tentu.

Sepertinya akan lebih mungkin jika roda 26in akan menghilang secara bertahap. Ada banyak sepeda MTB beroda 26in diluar sana, dan kedepannya mereka tetap memerlukan ban, ban dalam, rim serta garpu.

Untuk sepeda MTB 26in baru, kemungkinan besar mereka akan menjadi sebuah pasar khusus (niche market) - seperti 29er pada masa awal2 - hanya didukung oleh perusahaan kecil dan builder custom.

Apakah yang kamu pikir? Benarkah jika tiga itu sudah terlalu banyak? Apakah 26in akan tetap hidup? Ataukah mereka akan bernasib sama seperti burung dodo? Beritahu kami dengan meninggalkan komen dibawah. Thanks!

2 comments: