Thursday, May 9, 2013

Petunjuk Ber-MTB Bagi Pemula Bagian 1

Oleh: Ruth Schofield dari bikeradar.com



Segala perlengkapan yang kamu perlukan untuk mulai ber-MTB.


Pernahkah kamu berpikir tentang kit (perlengkapan) apa yang harus kamu siapkan untuk mulai ber-MTB? Atau bahkan hanya untuk berencana pergi kemana? Bagi orang2 yang mencintai olahraga ini, pertanyaan2 seperti ini adalah sangat mudah sekali dijawab. Mereka telah memiliki perlengkapan yang dibutuhkan dan telah mengerti dan menguasai jalur serta rute yang sesuai dengan level skill mereka sendiri.
Bagaimana dengan seseorang yang benar2 pemula? Sebagian dari kita yang ingin memulai bersepeda gunung namun belum mengerti harus memulai dari mana? Tentu kita sudah bisa mengendarai sepedanya, tetapi segera setelah jalannya berubah menjadi tidak rata (off-road) maka semuanya jadi terlihat menyeramkan.
Well, artikel ini ditulis buat kamu. Sampai beberapa nomer ke depan kita akan membawamu ke semua hal2 dasar, menolongmu untuk maju ke level intermediate dan kemudian mengajarkan kamu beberapa rahasia dari MTB level advanced. Kamu gak bakalan lagi sedang berdiri bengong di toko sepeda sambil berpikir apa yang sedang dibicarakan setiap orang disana!



Pelajaran pertama: Kamu dan kit kamu

Ada beberapa perlengkapan dasar bagi MTB yang sangat kita sarankan untuk segera memilikinya, plus beberapa barang lain yang sangat berharga untuk dimiliki jika kamu sudah terkena virus MTB.

Perlengkapan dasar

1. Sepeda
Sepeda adalah sebuah mesin yang sangat rumit, namun ketika tiba saatnya untuk memilih maka yang kamu perlukan adalah beberapa pengukuran dasar - tinggi badanmu dan panjang kaki sebelah dalam (dari pangkal paha sebelah dalam kebawah) - serta sebuah kunjungan ke toko sepeda terdekat (LBS - local bike store).
Ya, kamu bisa dapatkan beberapa harga murah secara online, tapi sangatlah mudah bagi seorang pemula untuk salah dalam memilih dan akhirnya kamu akan mendapatkan sepeda yang tidak sesuai denganmu. LBS kamu akan bisa menolongmu mendapatkan sepeda yang pas denganmu dan sesuai dengan jenis/aliran bersepeda yang akan kamu lakukan nanti.
Beberapa toko dijalankan oleh penggemar sepeda yang dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaanmu tentang sepeda. John's Bikes di Bath sangatlah brilian dalam menolong kita menemukan sepeda yang tepat bagi seri tulisan ini (Trek 6700 Women HT) dan saya yakin LBS kamu akan mampu menolongmu dengan cara yang sama.
Pertanyaan pertama yang harus kamu tanyakan adalah "apakah sepeda pertama yang sesuai buat saya?". Untuk itu ada tiga jenis sepeda gunung:

1. Rigid: Sepeda rigid tidak memiliki suspensi. Hal ini sangat menghemat berat, mengurangi jatah perawatan dan berarti makin sedikit yang harus kamu pikirkan sewaktu sedang belajar bersepeda off-road. Namun pada jalanan berbatu atau jalur pepohonan dengan banyak akar maka kenyamanan dan pengendalian sepeda akan sangat terganggu. Walaupun begitu, lebih baik memilih sepeda rigid daripada sebuah sepeda gunung yang bersuspensi buruk, jadi ia adalah pilihan yang tepat jika keuanganmu sangatlah terbatas.

2. Hardtail: Seperti namanya (ekor keras), ini adalah sebuah sepeda dengan ujung belakang yang keras alias tidak bersuspensi dan sebuah garpu bersuspensi (suspension fork) pada bagian depan. Sepeda dengan jenis ini akan lebih membantumu dalam menghadapi medan dengan permukaan tanah yang lebih teknikal. Ia lebih berat dari sebuah sepeda rigid dengan harga  yang sama, tapi lebih murah, lebih ringan dan mempunyai handling lebih baik dari sebuah sepeda dengan suspensi penuh (full-suspension) level pemula. Untuk sebuah sepeda baru dengan fork kelas hemat (budget) yang bagus kamu akan membayarnya seharga kurang lebih Rp. 5 juta. Ini adalah jenis sepeda yang kita pilih untuk permulaan dari seri tulisan ini.

3. Full-suspension: Sepeda full-sus mempunyai suspensi pada kedua ujung depan dan belakang sepeda, yang mana menambah kenyamanan dan membantumu ketika melintasi medan teknikal. Kekurangannya adalah biaya yang meningkat - sangat sulit untuk menemukan sepeda full-sus baru yang bagus dibawah kisaran harga Rp. 10 juta, kecuali ketika sedang ada diskon, dengan bobot yang lebih berat, plus lebih banyak komponen bergerak yang lebih cepat rusak atau aus.
Sekali kamu telah memutuskan jenis sepeda apa yang kamu inginkan dan seberapa banyak uang yang akan kamu bayarkan, pilihannya kembali lagi pada kesenangan personal.

Sangatlah penting untuk membeli dengan ukuran rangka yang tepat - LBS kamu akan mampu menyelesaikan masalah ini dengan memakai pengukuran yang sudah disebukan pada awal tulisan ini - dan kita akan selalu mengingatkan untuk mencoba sepedanya dulu (test ride). Satu hal yang harus diperhatikan pada sepeda gunung yaitu standover height - yaitu jarak antara top tube dan selangkanganmu sewaktu kamu sedang berdiri tegak lurus diatas sepeda. Jika kamu akan lepas/turun dari sepeda sewaktu sedang terburu2 atau kondisi darurat, maka dengan standover height yang tepat kamu gak akan tersangkut kedalam frame sepedanya.
Kamu bisa mengutak-atik beberapa komponen dari sepeda agar bisa lebih pas denganmu, dan toko sepedanya seharusnya mampu untuk menolongmu dalam hal ini. Lihat tulisan di blog ini sebelumnya: Bagaimana Mendapatkan Sepeda Yang Pas untuk detil lebih lanjut.

Pada seri ini akan kita pakai Trek 6700 Women Edition hardtail

2. Helmet
Bersepeda gunung adalah sebuah olahraga yang bagus namun juga bisa menjadi berbahaya jadi kita selalu menyarankan, bahkan mewajibkan untuk selalu memakai helmet. Merek berbeda mempunyai ukuran yang berbeda pula jadi sangatlah penting untuk mencoba helmetnya sebelum membelinya.
Helmet kamu harus lurus horisontal pada kepalamu dan ukurannya pas dengan sedikit ketat. Tidak boleh menutupi pandangan atau menutupi telinga bagian atas, juga tidak boleh ada pergerakan yang berlebihan jika kamu menarik helmetnya ke belakang dan ke depan. Tali dagu harus melekat aman dan tali yang mengarah ke dagu haruslah berada diantara telinga dan tidak boleh menutupinya.

Specialized Tactic, contoh helmet ideal bagi pemula

3. Sarung tangan
Tidak semua mountain biker memakai sarung tangan namun sangatlah bagus jika kamu mengawalinya dengan memakai sarung tangan karena kecenderungan yang besar akan jatuh. Mereka juga mengurangi kelelahan tangan akibat getaran dari sepeda.
Kamu bisa memakai fingerless gloves (tanpa penutup ujung jari) bagi musim kemarau atau full gloves (berpenutup jari penuh) sewaktu musim hujan. banyak merek yang beredar di pasaran dengan berbagai macam tingkat ketebalan dan insulasi. Sekali lagi, cobalah untuk memastikan apakah sudah pas atau tidak - seharusnya jarimu tidak terasa keram dan seharusnya tidak boleh ada material yang terkumpul pada telapak tanganmu.

SealSkinz Ladies All Weather Cycle Gloves yang akan kita pakai selama musim dingin

4. Pompa, kit tambal ban dan alat multi fungsi
Bocornya ban sangatlah susah untuk dihindari namun seharusnya tidak menjadi masalah besar jika kamu sudah melakukan persiapan. Pompa yang bisa diandalkan dan sebuah kit penambal ban adalah dua benda penting dari kit yang jangan sampai kamu lupakan. Juga sangatlah bagus untuk membeli sebuah multi-tools (alat multi fungsi) jadi kamu bisa melakukan perbaikan dasar sewaktu sedang berada di hutan. LBS mu akan bisa merekomendasikan apa yang terbaik untuk dibeli.

Kit yang direkomendasikan

Meskipun kamu bisa saja bersepeda dengan hanya sebuah celana pendek dan kaos t-shirt, ada beberapa macam pakaian khusus bersepeda yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempunyai dana cukup, karena mereka akan membuat gowesmu lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Kacamata hitam
Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada sedang asyik2nya bersepeda tahu2 ada sesuatu yang nyelonong masuk ke dalam mata entah serangga atau lumpur - makanya banyak rider selalu memakai perlindungan mata.
Lensa bening sangatlah bagus karena kamu bisa memakainya sepanjang tahun dan kamu tidak akan masuk kedalam kegelapan ketika sedang melewati daerah pepohonan seperti ketika jika memakai kacamata hitam. Banyak yang sudah termasuk dengan lensa yang bisa digonta-ganti, termasuk warna kuning untuk kondisi mendung atau kurang cahaya.

Spiuk Ventix Carbon Lumiris II mempunyai lensa light reactive photochromatic

2. Baju bersepeda
Kaos oblong alias t-shirt adalah bagus sampai ketika mereka jadi basah - oleh keringat ataupun kehujanan - yang tak lama kemudian akan berubah menjadi lengket dan dingin. Baju atasan yang dibuat khusus untuk bersepeda tidak hanya akan lebih pas dipakai tapi juga membantu melepaskan kelembaban dari tubuh kamu.
Ada berbagai macam jenis baju yang berbeda2 di pasar dengan berbagai macam harga. Harus diingat ia harus pas dipakai dengan bentuk badan kamu dan nyam ketika sedang dipakai bersepeda. Pastikan kamu bisa meregangkan tubuh keatas dan lengan bajunya tidak tertahan dibawah ketiakmu, dan jika kamu sedang menekuk tubuh ke belakang perutmu tidak akan terasa dingin akibat kausnya terbuka.
Atasan juga bisa tergantung pada cuaca. Jika sedang musim hujan gak ada salahnya jika kamu menyediakan jaket tahan air.

Ground Effect Popsicle sangat ideal untuk musim gugur

3. Celana bersepeda
Hal yang sama berlaku pula untuk pemilihan celana, kamu harus merasa nyaman ketika sedang memakainya untuk bersepeda. Tiap orang mempunyai bentuk badan yang berbeda jadi apa yang bagus buat seseorang belum tentu bagus buat kamu.
Ada banyak model di pasaran, mulai dari Lycra yang ketat membalut tubuh sampai ke model yang lebih kasual seperti celana pendek baggy dan celana panjang, tapi pastikan ada paddingnya.
Sebagai pemula biasanya badan kamu masih belum terbiasa untuk duduk lama diatas saddle. Hal ini akan menjadi biasa setelah badanmu menyesuaikan tetapi pada awalnya biasanya akan terasa tidak nyaman. Celana ber-padding akan terasa aneh pada awalnya namun setelah kamu memakainya diatas saddle mereka akan jadi sahabat terbaikmu.

Ground Effect Witches Britches akan kita pakai sepanjang seri

4. Kantung Minum (Hydration Pack) / Botol Air
Sangatlah penting untuk tidak kekurangan air ketika kamu sedang bersepeda jadi pasanglah sebuah botol air untuk sepedamu, atau lebih baik lagi, investasikan uangmu pada hydration pack - sebuah kantung air yang tersimpan pada sebuah tas punggung dengan sebuah selang air kecil panjang jadi kamu bisa minum air selagi bersepeda. Tas ini biasanya mempunyai banyak sekali kantung jadi kamu bisa menyimpan berbagai macam barang di dalamnya seperti pompa, kunci2, uang, ponsel dan perlengkapan P3K.

Gelerts Hydro Force selain memiliki kantung air juga ada banyak kantung2 lain

5. Kaus Kaki
Kaus kaki sangatlah penting sama seperti sebuah sarung tangan - ia melindungi kakimu dari lecet melepuh serta hawa dingin. kaus kaki khusus sepeda biasanya mempunyai padding serta bahannya mampu membuang hawa panas serta kelembaban keluar dari kulit. Beberapa malah ada yang anti-air, jadi kamu bisa melewati sungai dan kakimu tetap kering.

Ground Effect Toe Rags sangat baik dipakai dalam cuaca kering

Sedangkan SealSkinz Lightweight Socklet sangat nyaman dipakai ketika hujan

Nah, kamu sekarang telah melewati seluruh hal dasar, jadi pergilah keluar dan lihatlah kit apa yang sesuai untukmu. Belajarlah dari para ahli, ajukan banyak pertanyaan dan bersiaplah untuk artikel selanjutnya, akan kita bahas apa saja yang harus dicek sebelum bersepeda dan bagaimana menghadapi ban kempis pertamamu.
See you on next article!

2 comments: