Wednesday, April 3, 2013

5 Tip Untuk Lebih Fit ber-MTB

Top Five Fitness Tips For Mountain Biking
Lima Tip Kebugaran Puncak Untuk Bersepeda Gunung

Dorong cara bersepedamu ke tingkat berikutnya dengan bantuan rencana latihan baru, didesain khusus bagi Bikeradar Training dengan bantuan Joe Rafferty dari Pro Ride Guides.

Jinakkan jalurnya dengan tambahan kebugaran MTB

Seorang pelatih MTB dengan kualifikasi penuh, mantan akademika olah raga Loughborough dan mantan atlit Inggris Raya, Joe telah menjadi seorang coach mountain biker dan pelatih pribadi selama 8 tahun. Seorang ahli training khusus enduro dan sekarang sedang melatih Alex Stock dari Team Kona UK, salah satu atlit enduro top UK. Joe juga mengakui bahwa dirinya adalah seorang pecandu sepeda gunung dan segala perlengkapannya.

Joe menerangkan kepada kita mengapa seorang mountain biker harus berlatih untuk meningkatkan kemampuan bersepedanya.

"Alasan utama kita bersepeda adalah untuk bersenang2, dan jujur saja kita biasanya lebih senang jika gaya tarik berpihak kepada kita (maksudnya gak jatuh) atau jalurnya sangat mengalir tanpa membuat kita terengah2. Jadi ada apa dengan segala omong kosong soal berlatih ini? Kita adalah seorang mountain biker, kan? Jadi, bagaimana jika aku beritahu bahwa hanya dengan sedikit latihan maka kamu akan bisa membuat jalur yang keras jadi mengalir, dan kamu akan bisa mendapatkan cukup energi untuk membuat tanjakan jadi seenak turunan. Apakah hal itu cukup menarik? Bagaimana dengan keyakinan untuk menyerang tanjakan terakhir hanya agar bisa menghajar turunan ke bawah?"

"Kita semua sudah sama2 tahu bahwa kuncinya adalah seberapa banyak waktu yang dihabiskan diatas sepeda, namun dengan cara yang kita semua kerjakan dan hanya sedikit saja waktu, kebugaran kita akan maju selangkah dan mundur dua langkah. Rencana latihan berikut dirancang agar menolongmu mendapatkan potensimu kembali. Dirancang agar bisa menolongmu menjadi bugar secara bertahap tanpa keanggotaan gym, tanpa alat mahal dan tanpa membuang waktu. Kenyataannya, janganlah menganggap hal ini sebagai rencana latihan, anggap saja sebuah panduan."

Joe menunjukkan segalanya jadi lebih mudah jika memiliki kebugaran tambahan

5 Tip Kebugaran Terbaik Dari Joe Rafferty:

Menjadi bugar bukanlah dengan makan pisang organik 34 menit sebelum sesi latihan, kemudian menelan shake protein 3 nafas setelah pengulangan latihan terakhir. Untuk kebanyakan orang sebenarnya sangat sederhana. Mengikuti 5 tip ini seharusnya akan menata kamu kembali ke jalur yang benar.

1. Makan Makanan Yang Benar
Potong asupan gula, hindari makanan yang diproses berlebihan, kurangi asupan kafein yang berlebihan dan kamu pun akan hampir bisa mendengar apa yang tubuh kamu butuhkan. Alkohol dan rokok sama sekali tidak disinggung karena sudah jelas sekali.

2. Hindari Jebakan Jagoan Akhir Minggu (Weekend Warrior)
Jika berbicara mengenai meningkatkan kebugaran, konsistensi adalah kuncinya. Empat sesi berkualitas dalam seminggu akan memberimu peningkatan kebugaran yang lebih baik daripada seharian penuh kerja keras tetapi membutuhkan waktu seminggu untuk pulih kembali.

3. Beristirahatlah Dengan Benar
Agar lebih baik, tubuhmu perlu tekanan diikuti dengan pemulihan. Mereka berdua sama2 pentingnya. Tidurlah dengan nyenyak dan setidaknya buat jadwal istirahat sehari penuh dalam seminggu.

4. Komitmen
Kalau kamu akan melakukannya, lakukanlah dengan benar. Temukan apa yang bisa memotivasi kamu, apa rencana kamu, tentukan tujuanmu dan segera laksanakanlah. Ketika situasi membuatmu patah semangat, ingatlah dimana kamu ingin berada dan mengapa.

5. Kemajuan
Melakukan latihan yang sama terus menerus selama berminggu2 akan membuatmu jadi terbiasa, dan hal ini tidak baik. Menambah intensitas dan volume latihan akan tetap membuatmu berkembang.

Joe Rafferty dari Pro Ride Guides

Joe telah mendesain rencana latihan 8 minggu bernama Flat Out Fit Training khusus untuk Bikeradar Training. Ditujukan untuk rider kelas menengah dan pemula yang ingin meningkatkan tingkat kebugarannya, berdasarkan latihan bersepeda 3 kali seminggu dan satu atau dua kali latihan di rumah tanpa memerlukan alat2 khusus.
Apakah kamu menargetkan berat badan turun, ketahanan tubuh secara khusus atau kebugaran untuk balap maka program latihan ini adalah untukmu. Latihan Flat Out Fit ini didesain dengan peralatan seminimal mungkin, penggunaan waktu yang efektif dan filosofi latihan yang telah terbukti yang akan merubah cara kamu bersepeda selamanya.

Tertarik dengan rencana Flat Out Fit? Pergilah ke bikeradar.com dan dapatkan beberapa contoh gratis.

Catatan pemilik blog:
Menarik sekali ya tips2 diatas, apalagi yang program latihan Flat Out Fit, yang ternyata harus bayar dulu. Nah kalo gitu doakan saja teman2 biar saya bisa dapatkan programnya. Akan saya upload disini jika sudah dapat. Stay Fit!

No comments:

Post a Comment