Friday, April 19, 2013

Peraturan Gravity Enduro UK 2013

Peraturan Gravity Enduro UK 2013
2013 United Kingdom Gravity Enduro Series (UKGES) Rules

Visi: Untuk menentukan peraturan khusus terhadap UKGES. Hal ini dirancang untuk memenuhi dan mendukung regulasi sepeda BC (British Columbia) dan UCI (Union Cycliste Internationale) yang telah ada serta ditujukan untuk menyediakan peraturan dan panduan khususnya terhadap sektor gravity enduro UK.
Gravity enduro bukanlah downhill ataupun cross country, tetapi sebuah format/disiplin baru. Lima tahapan waktu kamu plus penyisihan akan ditambahkan bersama untuk mendapatkan waktu rata2 yang akan menetukan pemenang di tiap2 kategori. Tiga terbaik pada tiap kategori akan diperlukan untuk bisa naik ke podium.

Sepeda

Seluruh tahapan2 lomba harus ditempuh dengan sepeda yang sama. Sasis (frame), suspensi (fork & shock) roda dan kokpit tidak boleh diganti untuk seluruh tahapan lomba dan penyisihan. Pengecekan (scrutineering) sepeda secara acak akan dilakukan. Setiap rider yang menolak hal ini akan dipenaltikan.
Sepeda harus sempurna secara mekanis dan tidak dibantu oleh motor listrik atau komponen listrik apapun. Penutup ujung handlebar (bar end plug) atau yang sejenisnya wajib terpasang. Setiap rider yang tidak mematuhi persyaratan ini otomatis tidak bisa start atau mengikuti lomba.

Lintasan

Tahapan2 akan ditandai dengan pita ganda dimana dipandang perlu. Pembatasan jalur dengan pita masih akan memungkinkan rider untuk memilih garis yang diinginkan namun tidak membolehkan rider untuk memotong jalur tersebut. Pita akan ditempatkan pada sebelah luar tikungan untuk menandai rute. Tidak bisa dibuka kedalam atau garis buatan sendiri.
Setiap peserta yang terlihat melanggar garis pita, tiang penanda atau mengambil jalur selain yang sudah ditentukan oleh panitia akan dipenaltikan.
Tidak boleh ada perubahan terhadap jalur secara sengaja seperti memindahkan bebatuan, akar2an atau rerantingan. Setiap peserta yang tebukti merusak/merubah jalur akan dipenaltikan.
Pilihan garis kreatif diperbolehkan, namun menciptakan jalurmu sendiri dilarang. Jika komisioner atau marshal menyaksikan atau menerima saksi berikut bukti yang jelas maka pelanggar akan dipenaltikan.

Sikap

Peserta harus bersikap menjunjung tinggi sportifitas, memahami seluruh peraturan dan instruksi dari penyelenggara, staff pencatat waktu dan marshal. Jika kamu tersusul oleh rider lain maka kamu harus memberi jalan kepada rider yang akan melewatimu agar bisa melaluinya dengan aman. Rider yang mengejar harus memberikan pemberitahuan yang jelas dan keras jika berniat menyalip. Contoh, rider yang mengejar bisa berteriak "Sebelah kiri!" agar rider yang lebih pelan bisa bergeser ke kiri.
Teriakan kasar atau makian terhadap salah satu peserta lomba tidak bisa ditoleransi dan pelakunya akan dipenalti, termasuk larangan untuk mengikuti lomba beberapa seri kedepan.
Tidak boleh ada mainan bermotor sama sekali di area lomba.

Pendaftaran

Semua peserta harus menanda-tangani formulir dan mengambil papan nomer lomba mereka sebelum mengendarai jalur. Nomer start akan ditentukan pada awal putaran; inilah nomer yang akan kamu pakai sepanjang seri. Jika hilang akan dikenakan 5 GBP (sekitar 75rb rupiah) untuk penggantinya. Dilarang merubah, memodifikasi atau merusak papan nomer lomba dengan segala cara. Jika melanggar akan dipenaltikan.

Perlengkapan Keamanan

Helmet adalah wajib dan harus dipakai setiap saat, harus dipasang dengan benar disetiap waktu, harus ada tanda Snell, Kite mark atau EN 1078 (semacam SNI-lah). Jika rider terlihat tanpa memakai helmet sewaktu sedang transisi perpindahan tahapan maka penalti akan diberlakukan. Helmet full face tidaklah wajib, namun sangat direkomendasikan. Sarung tangan juga wajib, body armour sangat direkomendasikan, termasuk knee & elbow pad.

Penyisihan

Penyisihan dilakukan untuk menentukan urutan start peserta pada waktu balapan esok harinya yang dihitung waktunya. Waktu dari penyisihan akan dihitung berikut total waktu rata2. Peserta harus, seminimalnya, menembus garis waktu pertama pada awal lomba untuk bisa berpartisipasi pada lomba esok harinya. Kegagalan mengikuti penyisihan akan berakibat dikeluarkan dari lomba.

Seksi sambungan

Penyelenggara akan menandai sambungan diantara tahapan lomba dan mengatur waktu untuk mencapai tahapan berikutnya. Waktu transisi (pergantian) didasarkan pada penggunaan sambungan secara penuh. Sambungan alternatif  tidak diperbolehkan. Sangatlah penting untuk memakai jalur sambungan yang sudah ditandai sehingga kita bisa melacak rider jika terjadi hal2 yang tidak diinginkan atau kecelakaan.
Semua rider yang tertangkap basah meninggalkan tahapan sambungan akan langsung dipenalti.
Panitia akan menempatkan peta di tenda sebagai referensi kamu.
Helmet harus dipakai jika berada diatas sepeda.

Penalti Waktu

Untuk tiap menit keterlambatan start di tahapanmu, penalti waktu akan dikenakan pada waktu tahapanmu. Jika kamu melewati panggilan start dari marshal, penalti waktu juga akan berlaku.
Harap diingat bahwa penalti juga terjadi apabila kamu tidak memakai helmet dan memotong garis transisi.

Umum

Pelanggaran kedua oleh peserta akan mengakibatkan pemalti yang lebih keras, penyelenggara lomba juga bisa menghapus nama rider dari seri yang tersisa.
Pada hari Sabtu atau Minggu uplift (naik kereta gantung) oleh peserta dilarang keras, jika terlihat maka peserta akan didiskualifikasi dari lomba dan kemungkinan larangan berlomba sepanjang seri akan dikenakan.
Akan ada briefing (penjelasan) bagi rider setelah sesi penyisihan, jika cuaca dan waktu memungkinkan, kehadiran sangatlah wajib.


No comments:

Post a Comment