Friday, April 19, 2013

Peraturan Gravity Enduro Irlandia 2013

Peraturan Gravity Enduro Irlandia

Tanggung Jawab Kamu
  1. Bacalah seluruh peraturan ini dengan seksama!
  2. Periksa dirimu luar dalam tiap2 Special Stage (stage turunan yang waktunya dihitung).
  3. Berhenti dan tolonglah setiap ada rider yang terluka, (dengan mengikuti lomba ini) kamu telah dianggap sebagai salah seorang dari marshal lomba.
Umum
  1. Kamu bisa berlatih di jalurnya setiap hari Sabtu, hari Minggu khusus balap.
  2. Tenda kemah & api unggun disiapkan tetapi bukan di area balap.
  3. Rider harus menjalani semua stage tanpa bantuan siapapun juga, pada tiap2 Special Stage.
  4. Ada 5 event dalam 1 seri, 4 National Points Rounds dan 1 National Championship, masing2 setara dalam nilai.
  5. Untuk mendapatkan medali pada National Championship maka kamu harus memegang Lisensi Cycling Ireland selama satu hari atau full dengan kode link UCI.
  6. Tiap event dibatasi maksimal 350 rider.
  7. Peringkat top 3 akan diberi hadiah dan trofi pada tiap kategori pada tiap2 event dan seluruh seri.
  8. Peringkat top 3 Pro Men dan Pro Women pada tiap2 event akan mendapat total hadiah sebanyak 1000 euro.
Kategori
  1. 14 - 18 tahun
  2. 19 - 29 tahun
  3. 30 - 34 tahun
  4. 35 - 39 tahun
  5. 40 - 49 tahun
  6. 50 tahun keatas
  7. Kelas Wanita
  8. Pro Men
  9. Pro Women
Contoh: Rider yang masuk kelas 30-34 harus sekurang2nya berumur minimal 29 dan maksimal 33 pada 01 Januari 2013. Kalau kamu berumur 34 pada 01 Januari 2013 maka kamu bisa menjadi 35 selama musim lomba dan menjadi terlalu tua untuk kelas 30-34, jadi kamu harus masuk kelas 35-39.
Rider harus sekurang2nya berumur 14 tahun pada 01 Januari 2013. Jika rider memutuskan untuk berpindah kelas selama musim lomba berlangsung, maka poin yang didapat sebelumnya akan hangus dan akan memulai lagi dari nol pada lomba yang diikuti kemudian.

Registrasi dan Lisensi
  1. Sewaktu mendaftar maka kamu dinyatakan setuju dengan semua peraturan event.
  2. Tanda masuk tidak dapat diambil pada hari berlangsungnya event.
  3. Kamu bisa memulai lomba dengan tidak berurutan; sebagai contoh kamu bisa bersepeda bersama dengan teman2 kamu. Kategori Pro start pukul 10:00 sampai 10:15. Pengumuman lomba pukul 16:00.
  4. Demi keamanan maka akan ada pengurangan waktu lomba jika dibutuhkan, kamu akan diberitahu lewat nota peserta sewaktu masuk area lomba.
  5. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan sekurang2nya 3 minggu dari waktu lomba. Jika kamu tidak dapat mengikuti lomba karena alasan medis maka biaya akan dikembalikan dengan adanya catatan dokter. Juga tidak dimungkinkan untuk mentransfer biaya pendaftaran ke event lain, atau event tahun depan, atau peserta lain. Ada biaya admin sebesar 5 euro untuk tiap2 pembatalan pendaftaran.
  6. Kamu harus menunjukkan Lisensi Cycling Ireland sewaktu mendaftar atau membeli lisensi satu hari dengan biaya 20 euro.
  7. Ada 3 level biaya pendaftran, sampai sebelum 31-12-2012 biaya 45 euro, setelahnya 50 euro sampai 10 hari sebelum event, biaya pendaftaran paling akhir adalah 60 euro sampai hari event berlangsung. Ada paket spesial untuk 5 event dengan biaya 4 event senilai 200 euro sampai 31-12-2012 atau sampai habis terjual semua dari total 100 paket yang kami sediakan. Harap dicatat ada biaya admin yang dikenakan oleh perusahaan pendaftaran.
Sepeda

  1. Kamu tidak boleh mengganti sepeda pada Special Stage Individu, kamu harus menggunakan sepeda yang sama untuk tiap event individu. Sepeda yang berbeda boleh dipakai untuk event yang berbeda.
  2. Sepeda akan di scrut / inspeksi sebelum datang di area lomba.
  3. Jika terjadi kerusakan mekanikal, komponen seperti roda, ban, sadel, garpu dll dapat diganti jika dibutuhkan namun waktu masih tetap berjalan/dihitung.
  4. Semua sepeda harus memasang bar plug / tutup ujung handlebar.
  5. Sepeda harus berada dalam kondisi bekerja sempurna.
  6. Peserta dilarang merubah plat nomer balap.
  7. Pengawas lomba mempunyai hak untuk menolak peserta jika sepeda dianggap tidak memenuhi standar yang sesuai.
Perlengkapan Pribadi

  1. Kamu harus selalu memakai helm (tipe Open XC atau Full Face DH) secara penuh setiap waktu, termasuk pada seksi transisi dari tanjakan ke turunan.
  2. Peserta yang didapatkan tidak memakai helm akan langsung didiskualifikasi.
  3. Tiap2 peserta harus mampu mengatasi masalah dirinya sendiri tanpa bantuan pihak lain selama lomba berlangsung.
Perlengkapan Wajib

  1. Telepon seluler.
  2. Perlengkapan P3K dasar (setidaknya: 1 penutup luka untuk pendarahan hebat, perban dan plester).
  3. Tas survival.
  4. Makanan energi dan minuman.
  5. Jaket anti air.
  6. Kit reparasi sepeda (ban dalam, pompa atau tabung CO2, kunci L dan kunci rantai).
  7. Disarankan untuk membawa tas kecil atau sejenisnya untuk membawa perlengkapan tersebut diatas, atau dipasang pada rangka sepeda. Kamu diwajibkan untuk membawa seluruh perlengkapanmu sendiri sewaktu lomba.
  8. Baru untuk 2011: Sebelum, selama dan setelah lomba pengecekan akan dilakukan. Penalti waktu akan dikenakan untuk tiap2 perlengkapan wajib yang tidak ada / hilang jadi pastikan melengkapinya demi nama keamanan dan keadilan.
Lintasan

  1. Detil lintasan tidak akan diungkapkan sebelum lomba.
  2. Gravity enduro bukanlah kompetisi cross country atau downhill. Lokasi lomba ada di lintasan yang sudah ditandai dengan mayoritas Special Stage jalur downhill.
  3. Ada 5 Special Stage di tiap event, dengan Transfer Stage (biasanya tanjakan) diantaranya.
  4. Transfer Stage tidak dihitung waktunya dan tidak masuk dalam nilai akhir.
  5. Special Stage ditutup dengan waktu tertentu, untuk memastikan event bisa selesai tepat pada waktunya. Rider akan diberitahu sewaktu pendaftaran pada pagi hari sebelum lomba.
  6. Rider harus check in - check out sendiri di tiap2 stage dengan memindai Timing Chip mereka ke transponder.
  7. Rider harus melengkapi Special Stage dengan berurutan, Stage 1 diikuti dengan Stage 2 dst.
  8. Special Stage didesai untuk sepeda dengan travel menengah, jadi bukan sepeda khusus XC atau DH.
  9. Jalur lomba akan ditandai dengan pita selebar mungkin untuk memudahkan menyalip dan memberikan pilihan garis lintasan..
  10. Jalur ini diberi tanda, beberapa seksi ditandai dengan pita ganda, jika tidak maka rider harus mengikuti jalur.
  11. Jika peserta meninggalkan jalur Special Stage, ia harus masuk kembali pada titik yang sama dan membetulkan pita yang terputus, jika ada.
  12. Jika rider diketahui memotong jalur Special Stage oleh marshall maka ia akan didiskualifikasi.
  13. Jika ada 3 atau lebih rider yang melaporkan rider lain memotong jalur Special Stage maka investigasiakan dilakukan, dan diskualifikasi adalah bentuk penaltinya.
  14. Rute balap mungkin mempunyai seksi sempit dan berbatu2, tanjakan terjal serta turunan, karena itu tidak cocok untuk rider pemula.
Waktu

  1. Tiap rider menerima sebuah Timing Chip pada pagi hari acara event, yang harus dikenakan pada salah satu pergelangan tangan.
  2. Rider diperkenankan start dengan berbagai cara urutan. Kategori Pro akan berangkat pada pukul 10:00 sampai 10:15.
  3. Demi keamanan maka akan ada pengurangan waktu lomba jika dibutuhkan, kamu akan diberitahu lewat nota kompetisi sewaktu masuk area.
  4. Rider bisa memulai start sewaktu mereka mencapai awal Special Stage, tidak ada waktu start ataupun urutan start.
  5. Ada jarak waktu sebanyak minimal 30 detik atau lebih diantara rider yang sedang start Special Stage, tergantung kondisi alam jalurnya. Hal ini akan dibatalkan jika terjadi antrian. Penghitungan waktunya sangat akurat sampai ke detik terdekat. Jika ada hasil yang sama pada Final Stage, maka waktu yang sebelumnya yang akan dipakai sampai tidak ada persamaan waktu lagi.
  6. Jika ada rider yang lebih cepat dari kamu pada Special Stage, bersikaplah sopan dan biarkan mereka mendahuluimu. Jika kamu adalah rider yang lebih cepat, bersabarlah, berikan banyak peringatan dan tanda arah yang jelas lewat sisi mana kamu akan mendahului. Contoh: teriaklah kiri jika kamu akan mendahului lewat sebelah kiri rider di depanmu.
  7. Jika kamu terhalang oleh rider lain atau berhenti untuk menolong rider yang jatuh terluka maka kamu bisa mengulangi stage nya. Kamu harus check-out stage dulu, kemudian bersepeda kembali ke puncak bukit tanpa pertolongan siapapun, dalam hal ini.
  8. Jika sewaktu mendahului rider yang lebih pelan kamu mengakibatkan rider tersebut jatuh atau keluar jalur, maka kamu bisa didiskualifikasi.
  9. Kamu tidak bisa mengulangi stage jika kamu mengalami kerusakan teknikal selagi berada di jalur lomba.
  10. Rider yang mundur dari lomba harus segera kembali ke lokasi parkiran mobil sesegera mungkin mengikuti arahan marshal lomba.
  11. Mereka juga harus melepas plat nomer lomba dari sepeda atau mencoretnya dengan tanda silang.
  12. Rangking dari tiap peserta adalah jumlah dari waktu Special Stage, ditambah waktu penalti.
Keadaan Darurat

  1. Adalah tugas bagi tiap2 peserta untuk membantu setiap peserta lain yang terlihat terluka atau sedang mengalami kesulitan dan jika memungkinkan segera memberi tahu pengarah lomba.
  2. Pengarah lomba mempunyai hak untuk memberi penalti atau diskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan dasar ini.
  3. Peserta yang mundur dari lomba harus segera memberitahu petugas balap sesegera mungkin.
  4. Peserta harus mematuhi seluruh peraturan event dan peraturan jalan, terutama selama seksi di jalanan umum.
Perolehan Poin Tiap Seri

Ada 5 event dalam satu seri; 4 National Points Rounds dan 1 National Championship, tiap2nya membawa poin sama. Rangking keseluruhan dihitung berdasarkan putaran final ditambah 3 terbaik dari hasil lain. Kamu harus memperoleh nilai pada putaran final agar bisa diikutkan secara keseluruhan. Pada kejadian perolehan nilai sama, rider yang finish tertinggi pada putaran final akan dinyatakan sebagai pemenang. Nilai akan diberikan pada tiap2 event sebagai berikut:

  1. 250
  2. 200
  3. 170
  4. 150
  5. 130
  6. 100
  7. 90
  8. 80
  9. 70
  10. 60
  11. 50
  12. 40
  13. 35
  14. 30
  15. 25
  16. 22
  17. 20
  18. 18
  19. 16
  20. 14
  21. 13
  22. 12
  23. 11
  24. 9
  25. 8
  26. 7
  27. 6
  28. 5
  29. 4
  30. 3
Presentasi dan Hadiah

Rider yang finish di posisi 3 teratas dalam kategorinya harus mendatangi acara presentasi podium. Rider Pro yang gagal datang di acara presentasi dianggap melepas posisi, nilai seri dan hadiah kecuali diwakilkan oleh orang yang representatif.  Hadiah utama berupa sebuah sepeda trek Slash 7 tahun 2012.

Protes

Protes mengenai pelaksanaan acara, rangking atau tingkah laku dari peserta lain dan segala macam laporan lain harus diberikan kepada pengarah lomba, secara tertulis dan ditandatangani peserta tidak kurang dari 30 menit setelah acara presentasi podium. Biaya protes sebanyak 50 euro yang mana akan dikembalikan jika protes bisa diterima. Pengarah lomba akan mengumumkan keputusan mereka dalam waktu 60 menit setelah protes masuk kecuali dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Asuransi

Event Gravity Enduro dilaksanakan dibawah regulasi event Cycling Ireland dan berarti seluruh peserta haruslah anggota dari Cycling Ireland. Pelaksana Gravity Enduro tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan, kerusakan atau kecelakaan yang mungkin terjadi selama event Gravity Enduro berlangsung, pada jalur yang sama, sebelum dan sesudah event.

No comments:

Post a Comment