Thursday, May 9, 2013

Petunjuk Ber-MTB Bagi Pemula Bagian 1

Oleh: Ruth Schofield dari bikeradar.com



Segala perlengkapan yang kamu perlukan untuk mulai ber-MTB.


Pernahkah kamu berpikir tentang kit (perlengkapan) apa yang harus kamu siapkan untuk mulai ber-MTB? Atau bahkan hanya untuk berencana pergi kemana? Bagi orang2 yang mencintai olahraga ini, pertanyaan2 seperti ini adalah sangat mudah sekali dijawab. Mereka telah memiliki perlengkapan yang dibutuhkan dan telah mengerti dan menguasai jalur serta rute yang sesuai dengan level skill mereka sendiri.
Bagaimana dengan seseorang yang benar2 pemula? Sebagian dari kita yang ingin memulai bersepeda gunung namun belum mengerti harus memulai dari mana? Tentu kita sudah bisa mengendarai sepedanya, tetapi segera setelah jalannya berubah menjadi tidak rata (off-road) maka semuanya jadi terlihat menyeramkan.
Well, artikel ini ditulis buat kamu. Sampai beberapa nomer ke depan kita akan membawamu ke semua hal2 dasar, menolongmu untuk maju ke level intermediate dan kemudian mengajarkan kamu beberapa rahasia dari MTB level advanced. Kamu gak bakalan lagi sedang berdiri bengong di toko sepeda sambil berpikir apa yang sedang dibicarakan setiap orang disana!



Pelajaran pertama: Kamu dan kit kamu

Ada beberapa perlengkapan dasar bagi MTB yang sangat kita sarankan untuk segera memilikinya, plus beberapa barang lain yang sangat berharga untuk dimiliki jika kamu sudah terkena virus MTB.

Perlengkapan dasar

1. Sepeda
Sepeda adalah sebuah mesin yang sangat rumit, namun ketika tiba saatnya untuk memilih maka yang kamu perlukan adalah beberapa pengukuran dasar - tinggi badanmu dan panjang kaki sebelah dalam (dari pangkal paha sebelah dalam kebawah) - serta sebuah kunjungan ke toko sepeda terdekat (LBS - local bike store).
Ya, kamu bisa dapatkan beberapa harga murah secara online, tapi sangatlah mudah bagi seorang pemula untuk salah dalam memilih dan akhirnya kamu akan mendapatkan sepeda yang tidak sesuai denganmu. LBS kamu akan bisa menolongmu mendapatkan sepeda yang pas denganmu dan sesuai dengan jenis/aliran bersepeda yang akan kamu lakukan nanti.
Beberapa toko dijalankan oleh penggemar sepeda yang dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaanmu tentang sepeda. John's Bikes di Bath sangatlah brilian dalam menolong kita menemukan sepeda yang tepat bagi seri tulisan ini (Trek 6700 Women HT) dan saya yakin LBS kamu akan mampu menolongmu dengan cara yang sama.
Pertanyaan pertama yang harus kamu tanyakan adalah "apakah sepeda pertama yang sesuai buat saya?". Untuk itu ada tiga jenis sepeda gunung:

1. Rigid: Sepeda rigid tidak memiliki suspensi. Hal ini sangat menghemat berat, mengurangi jatah perawatan dan berarti makin sedikit yang harus kamu pikirkan sewaktu sedang belajar bersepeda off-road. Namun pada jalanan berbatu atau jalur pepohonan dengan banyak akar maka kenyamanan dan pengendalian sepeda akan sangat terganggu. Walaupun begitu, lebih baik memilih sepeda rigid daripada sebuah sepeda gunung yang bersuspensi buruk, jadi ia adalah pilihan yang tepat jika keuanganmu sangatlah terbatas.

2. Hardtail: Seperti namanya (ekor keras), ini adalah sebuah sepeda dengan ujung belakang yang keras alias tidak bersuspensi dan sebuah garpu bersuspensi (suspension fork) pada bagian depan. Sepeda dengan jenis ini akan lebih membantumu dalam menghadapi medan dengan permukaan tanah yang lebih teknikal. Ia lebih berat dari sebuah sepeda rigid dengan harga  yang sama, tapi lebih murah, lebih ringan dan mempunyai handling lebih baik dari sebuah sepeda dengan suspensi penuh (full-suspension) level pemula. Untuk sebuah sepeda baru dengan fork kelas hemat (budget) yang bagus kamu akan membayarnya seharga kurang lebih Rp. 5 juta. Ini adalah jenis sepeda yang kita pilih untuk permulaan dari seri tulisan ini.

3. Full-suspension: Sepeda full-sus mempunyai suspensi pada kedua ujung depan dan belakang sepeda, yang mana menambah kenyamanan dan membantumu ketika melintasi medan teknikal. Kekurangannya adalah biaya yang meningkat - sangat sulit untuk menemukan sepeda full-sus baru yang bagus dibawah kisaran harga Rp. 10 juta, kecuali ketika sedang ada diskon, dengan bobot yang lebih berat, plus lebih banyak komponen bergerak yang lebih cepat rusak atau aus.
Sekali kamu telah memutuskan jenis sepeda apa yang kamu inginkan dan seberapa banyak uang yang akan kamu bayarkan, pilihannya kembali lagi pada kesenangan personal.

Sangatlah penting untuk membeli dengan ukuran rangka yang tepat - LBS kamu akan mampu menyelesaikan masalah ini dengan memakai pengukuran yang sudah disebukan pada awal tulisan ini - dan kita akan selalu mengingatkan untuk mencoba sepedanya dulu (test ride). Satu hal yang harus diperhatikan pada sepeda gunung yaitu standover height - yaitu jarak antara top tube dan selangkanganmu sewaktu kamu sedang berdiri tegak lurus diatas sepeda. Jika kamu akan lepas/turun dari sepeda sewaktu sedang terburu2 atau kondisi darurat, maka dengan standover height yang tepat kamu gak akan tersangkut kedalam frame sepedanya.
Kamu bisa mengutak-atik beberapa komponen dari sepeda agar bisa lebih pas denganmu, dan toko sepedanya seharusnya mampu untuk menolongmu dalam hal ini. Lihat tulisan di blog ini sebelumnya: Bagaimana Mendapatkan Sepeda Yang Pas untuk detil lebih lanjut.

Pada seri ini akan kita pakai Trek 6700 Women Edition hardtail

2. Helmet
Bersepeda gunung adalah sebuah olahraga yang bagus namun juga bisa menjadi berbahaya jadi kita selalu menyarankan, bahkan mewajibkan untuk selalu memakai helmet. Merek berbeda mempunyai ukuran yang berbeda pula jadi sangatlah penting untuk mencoba helmetnya sebelum membelinya.
Helmet kamu harus lurus horisontal pada kepalamu dan ukurannya pas dengan sedikit ketat. Tidak boleh menutupi pandangan atau menutupi telinga bagian atas, juga tidak boleh ada pergerakan yang berlebihan jika kamu menarik helmetnya ke belakang dan ke depan. Tali dagu harus melekat aman dan tali yang mengarah ke dagu haruslah berada diantara telinga dan tidak boleh menutupinya.

Specialized Tactic, contoh helmet ideal bagi pemula

3. Sarung tangan
Tidak semua mountain biker memakai sarung tangan namun sangatlah bagus jika kamu mengawalinya dengan memakai sarung tangan karena kecenderungan yang besar akan jatuh. Mereka juga mengurangi kelelahan tangan akibat getaran dari sepeda.
Kamu bisa memakai fingerless gloves (tanpa penutup ujung jari) bagi musim kemarau atau full gloves (berpenutup jari penuh) sewaktu musim hujan. banyak merek yang beredar di pasaran dengan berbagai macam tingkat ketebalan dan insulasi. Sekali lagi, cobalah untuk memastikan apakah sudah pas atau tidak - seharusnya jarimu tidak terasa keram dan seharusnya tidak boleh ada material yang terkumpul pada telapak tanganmu.

SealSkinz Ladies All Weather Cycle Gloves yang akan kita pakai selama musim dingin

4. Pompa, kit tambal ban dan alat multi fungsi
Bocornya ban sangatlah susah untuk dihindari namun seharusnya tidak menjadi masalah besar jika kamu sudah melakukan persiapan. Pompa yang bisa diandalkan dan sebuah kit penambal ban adalah dua benda penting dari kit yang jangan sampai kamu lupakan. Juga sangatlah bagus untuk membeli sebuah multi-tools (alat multi fungsi) jadi kamu bisa melakukan perbaikan dasar sewaktu sedang berada di hutan. LBS mu akan bisa merekomendasikan apa yang terbaik untuk dibeli.

Kit yang direkomendasikan

Meskipun kamu bisa saja bersepeda dengan hanya sebuah celana pendek dan kaos t-shirt, ada beberapa macam pakaian khusus bersepeda yang bisa kamu dapatkan jika kamu mempunyai dana cukup, karena mereka akan membuat gowesmu lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Kacamata hitam
Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada sedang asyik2nya bersepeda tahu2 ada sesuatu yang nyelonong masuk ke dalam mata entah serangga atau lumpur - makanya banyak rider selalu memakai perlindungan mata.
Lensa bening sangatlah bagus karena kamu bisa memakainya sepanjang tahun dan kamu tidak akan masuk kedalam kegelapan ketika sedang melewati daerah pepohonan seperti ketika jika memakai kacamata hitam. Banyak yang sudah termasuk dengan lensa yang bisa digonta-ganti, termasuk warna kuning untuk kondisi mendung atau kurang cahaya.

Spiuk Ventix Carbon Lumiris II mempunyai lensa light reactive photochromatic

2. Baju bersepeda
Kaos oblong alias t-shirt adalah bagus sampai ketika mereka jadi basah - oleh keringat ataupun kehujanan - yang tak lama kemudian akan berubah menjadi lengket dan dingin. Baju atasan yang dibuat khusus untuk bersepeda tidak hanya akan lebih pas dipakai tapi juga membantu melepaskan kelembaban dari tubuh kamu.
Ada berbagai macam jenis baju yang berbeda2 di pasar dengan berbagai macam harga. Harus diingat ia harus pas dipakai dengan bentuk badan kamu dan nyam ketika sedang dipakai bersepeda. Pastikan kamu bisa meregangkan tubuh keatas dan lengan bajunya tidak tertahan dibawah ketiakmu, dan jika kamu sedang menekuk tubuh ke belakang perutmu tidak akan terasa dingin akibat kausnya terbuka.
Atasan juga bisa tergantung pada cuaca. Jika sedang musim hujan gak ada salahnya jika kamu menyediakan jaket tahan air.

Ground Effect Popsicle sangat ideal untuk musim gugur

3. Celana bersepeda
Hal yang sama berlaku pula untuk pemilihan celana, kamu harus merasa nyaman ketika sedang memakainya untuk bersepeda. Tiap orang mempunyai bentuk badan yang berbeda jadi apa yang bagus buat seseorang belum tentu bagus buat kamu.
Ada banyak model di pasaran, mulai dari Lycra yang ketat membalut tubuh sampai ke model yang lebih kasual seperti celana pendek baggy dan celana panjang, tapi pastikan ada paddingnya.
Sebagai pemula biasanya badan kamu masih belum terbiasa untuk duduk lama diatas saddle. Hal ini akan menjadi biasa setelah badanmu menyesuaikan tetapi pada awalnya biasanya akan terasa tidak nyaman. Celana ber-padding akan terasa aneh pada awalnya namun setelah kamu memakainya diatas saddle mereka akan jadi sahabat terbaikmu.

Ground Effect Witches Britches akan kita pakai sepanjang seri

4. Kantung Minum (Hydration Pack) / Botol Air
Sangatlah penting untuk tidak kekurangan air ketika kamu sedang bersepeda jadi pasanglah sebuah botol air untuk sepedamu, atau lebih baik lagi, investasikan uangmu pada hydration pack - sebuah kantung air yang tersimpan pada sebuah tas punggung dengan sebuah selang air kecil panjang jadi kamu bisa minum air selagi bersepeda. Tas ini biasanya mempunyai banyak sekali kantung jadi kamu bisa menyimpan berbagai macam barang di dalamnya seperti pompa, kunci2, uang, ponsel dan perlengkapan P3K.

Gelerts Hydro Force selain memiliki kantung air juga ada banyak kantung2 lain

5. Kaus Kaki
Kaus kaki sangatlah penting sama seperti sebuah sarung tangan - ia melindungi kakimu dari lecet melepuh serta hawa dingin. kaus kaki khusus sepeda biasanya mempunyai padding serta bahannya mampu membuang hawa panas serta kelembaban keluar dari kulit. Beberapa malah ada yang anti-air, jadi kamu bisa melewati sungai dan kakimu tetap kering.

Ground Effect Toe Rags sangat baik dipakai dalam cuaca kering

Sedangkan SealSkinz Lightweight Socklet sangat nyaman dipakai ketika hujan

Nah, kamu sekarang telah melewati seluruh hal dasar, jadi pergilah keluar dan lihatlah kit apa yang sesuai untukmu. Belajarlah dari para ahli, ajukan banyak pertanyaan dan bersiaplah untuk artikel selanjutnya, akan kita bahas apa saja yang harus dicek sebelum bersepeda dan bagaimana menghadapi ban kempis pertamamu.
See you on next article!

Wednesday, May 8, 2013

Cara Mendapatkan Ukuran Sepeda Gunung Yang Pas


Pengaturan sepeda yang ideal untuk bersepeda off-road

Oleh Steve Worland, What Mountain Bike

Perfect Bike Fit

Membuat sepeda agar sesuai denganmu secara sempurna adalah sesuatu hal yang seharusnya kamu lakukan pertama kali. Kita tahu ada beberapa rider yang selama beberapa tahun ini bersepeda berpikir bahwa sepeda yang selama ini mereka pakai sudah paling pas bagi mereka, dengan jangkauan pas, tinggi sadel pas, bentuk handlebar pas, garpu yang sudah di set pas dan ban dengan tekanan yang pas.

Kemudian situasi berubah dan mereka menemukan bahwa dengan hanya beberapa perubahan dasar, atau dengan hanya sedikit perubahan kecil pada setup sepeda (pengaturan sepeda, bagaimana sepeda diatur) bisa membuat mereka bersepeda dengan lebih baik lagi. Seringnya hal2 sederhana seperti menukar handlebar, tekanan ban yang berbeda atau menambah sag suspensi. Hal2 kecil dari setup sepeda ini sering kali bisa merubah gaya bersepedamu, dan apa yang bisa kamu rasakan tentang sepedamu.

Utak-atiklah setup sepedamu dari waktu ke waktu, kemudian cobalah bersepeda untuk mengetahui apakah kamu menyukainya atau tidak. Biasanya ada beberapa hal yang seperti terasa salah sewaktu pertama kali mencobanya, namun jadi terasa benar setelah beberapa kali bersepeda. Pada artikel berikut akan kita paparkan petunjuk dasar dari pengepasan ukuran dan bentuk yang benar dari sepeda (bike fit) bersama dengan variasinya untuk diperhitungkan, berikut alasannya. Janganlah berpikir bahwa pengepasan dan pengaturan sepeda adalah seperti sesuatu yang ada dalam buku KUHP. Gunakan panduan dari kita berikut sebagai titik awal, kemudian cobalah bereksperimen sendiri.

Duduk dengan nyaman?
Gambar dibawah menunjukkan area kunci yang harus diatur olehmu untuk mendapatkan bike fit yang optimal. Gambar pertama menunjukkan posisi yang salah sedangkan gambar kedua menunjukkan bagaimana seharusnya komponen ditempatkan. Posisi sepeda yang bagus menghasilkan pundak yang rileks dan siku yang sedikit menekuk.

Salah

 Benar
  • Lengan: Posisi sepeda yang bagus menghasilkan pundak yang rileks dan siku yang sedikit menekuk.
  • Saddle: Posisi saddle yang benar sangat penting untuk keseimbangan, kontrol dan efisiensi pedalling.
  • Lutut: Lutut yang sedikit tertekuk sewaktu berada di posisi dasar/bawah pada setiap kayuhan pedal adalah sempurna.
  • Rangka: Mendapatkan ukuran rangka sepeda yang benar sangatlah mendasar namun ia hanya menjadi titik awal dari setup sepeda yang sempurna.
  • Shifter dan Brake Lever: Jangan hanya diamkan mereka pada satu posisi, Bereksperimenlah dengan mengatur posisinya pada handlebar.

Meskipun tiap orang berbeda - beberapa orang mungkin mempunyai kaki yang panjang tapi dengan torso (daerah badan antara bawah leher sampai ke pangkal kaki) yang pendek, yang lain mungkin mempunyai lengan yang panjang dengan kaki yang pendek - mengawalinya dengan pemilihan ukuran rangka yang tepat membuatmu bisa mengaturnya lagi dengan lebih detil melalui utak-atik stem, handlebar, seatpost dan saddle.

Pengukuran Rangka
Ukuran yang dirilis oleh pabrikan bisa jadi sangat membingungkan. Metoda yang tradisional adalah dengan mengukur panjang seat tube, namun ternyata hal inipun menjadi bervariasi karena ada yang mengukur sampai ke seat tube yang paling atas dan beberapa sampai ke tengah2 sambungan antara top tube dan seat tube. Banyak pabrikan hanya menulisnya sebagai S, M, dan L, dan mungkin dengan tambahan XS dan XL.
Apapun caranya, pengukuran yang paling berarti adalah panjang top tube. Bersama dengan posisi duduk, panjang stem dan posisi handlebar, panjang top tube mengatur kenyamanan dan efisiensi badan kamu pada sepeda. Biar lebih membingungkan lagi, aspek dari panjang top tube yang paling berarti bukanlah top tube itu sendiri, yang mana sering berbentuk miring (slope), namun garis horisontal dari titik tengah atas head tube ke tengah2 seatpost.
Jadi, dari manakah kamu akan mulai untuk menentukan ukuran frame yang sesuai? Seperti banyak hal lainnya dari sebuah sepeda gunung, tidak ada satupun solusi yang sempurna, jika dengan batas2 yang masuk akal kamu masih bisa mengatur posisi saddle, stem dan handlebar kamu untuk membuat sepeda menjadi terasa lebih baik. Ingatlah bahwa ukuran road bike, cyclo-cross dan hybrid bike cenderung lebih besar 3-4in untuk rider dengan tinggi yang sama. Kita sebutkan hal ini karena banyak rider yang jadi bingung setelah memilih2 ukuran frame melalui brosur/katalog sepeda.

Inilah panduan ukuran rangka sepeda:
  • XS (13-14in): Umumnya untuk rider antara 5ft - 5ft 4in (152.5cm - 162.5cm)
  • S (14-16in): Umumnya untuk rider antara 5ft 4in - 5ft 7in (162.5cm - 170cm)
  • M (16-18in): Umumnya untuk rider antara 5ft 7in - 5ft 10in (170cm - 178cm)
  • L (18-20in): Umumnya untuk rider antara 5ft 10in - 6ft 1in (178cm - 185cm)
  • XL (20-22in): Umumnya untuk rider lebih dari 6ft 1in (185cm keatas)
Hal yang sangat penting yaitu bagaimana sepedanya terasa ketika kamu sedang duduk dan mencoba menaikinya. Hal pertama yang harus kamu lakukan, ketika sedang berada di toko sepeda atau sedang mengikuti demo ride adalah mengatur saddle-nya dengan ketinggian yang tepat.

Saddle yang tipis namun pas posisi paddingnya akan lebih nyaman dari saddle tebal

Ketinggian saddle
Perkiraan kasar dari tinggi saddle yang pas untuk pedalling yang efisien adalah panjang kaki celana panjangmu ditambah 5in (12.7cm) dari titik tengah atas saddle ke titik tengah atas pedal. Untuk melakukannya secara lebih akurat, dengan kenyamanan dan efisiensi yang lebih diutamakan, duduklah diatas saddle dengan crank pada posisi lurus ke atas/ke bawah. Saddle akan berada dalam posisi terbaiknya ketika tumit kamu sedikit menyentuh bagian atas pedal pada posisi paling bawah dengan kaki lurus; crank semestinya berada pada posisi langkah paling bawah.
Kalau kamu sampai harus bergeser ke satu sisi dari saddle untuk mencapai posisi ini berarti saddlenya terlalu tinggi. Taruhlah kakimu pada pedal dengan posisi lurus siap untuk mengkayuh pedalnya. Jika kakimu lurus sewaktu tumit berada pada pedal maka seharusnya ia sedikit tertekuk pada lutut sewaktu berada dalam posisi pedalling. Kamu tidak boleh merasa seperti sedang dipaksa untuk mengayunkan pinggul dari kanan ke kiri di atas saddle ketika sedang pedalling.
Mungkin kamu harus melakukan pengaturan pada posisi ini dengan mengutamakan  aspek kemantapan dan kenyamanan, dan bergantung juga kepada sepatu apa yang kamu pakai. Perhatikan juga bahwa semua ini berdasar dari pedalling yang efisien untuk bersepeda trail cross country. Banyak rider akan memilih untuk merendahkan saddle untuk turunan yang sulit, karena itulah telescopic seatpost menjadi sangat popular untuk bersepeda di jalur yang ekstrem.

Posisi saddle
Sebagai awal, mulailah dengan posisi saddle selurus mungkin di atas. Ini adalah posisi cross-country yang efisien, namun beberapa rider lebih memilih untuk sedikit mendongakkan saddlenya kebelakang agar lebih nyaman dalam melakukan beberapa trik, stunt dan turunan downhill yang terjal, dan ada pula beberapa rider yang lebih memilih ujung saddlenya sedikit tertunduk agar memudahkan sewaktu menanjak atau buat yang  postur tubuhnya lebih condong kedepan. Namun lurus horisontal adalah posisi yang paling sesuai untuk semua jenis rider.

Condong ke belakang untuk downhill, condong ke depan untuk uphill

Rail saddle mempunyai banyak ruang setelan maju-mundur dan tidak semua seatpost diciptakan sama. Beberapa mempunyai clamp (jepitan seatpost) yang agak mundur ke belakang, yang lain clamp-nya lurus segaris dengan seatpost. Seatclamp memiliki sebuah bearing yang memungkinkan kamu bisa mengatur posisi saddle seperti yang kamu inginkan. Saddle yang diset terlalu mundur ke belakang bisa membuat sepeda terasa berat belakang, kemungkinan bisa jadi terlalu ringan didepan sehingga mengganggu kerja kompresi fork yang benar. Saddle yang diset terlalu maju ke depan mempersempit ruang gerak rider, mengganggu posisi bersepeda yang sempurna dan membuatmu terasa seperti terlalu banyak menempatkan berat tubuh ke bagian depan sepeda.
Dalam teori, jika sebuah sepeda mempunyai jangkauan yang tepat bagimu dan fork telah di set up dengan benar, maka kamu akan mendapatkan saddlenya terletak pas ditengah2 railnya. Jika kamu mempunyai lengan yang panjang dibandingkan dengan tinggi badan kamu maka kamu akan mendapatkan posisi saddle yang mundur ke belakang berikut seatpost yang melengkung: lengan yang pendek maka posisi saddle lurus segars dengan seatpost serta saddle yang cenderung maju ke depan. Kamu bisa menggunakan panjang stem serta posisi handlebar untuk memperhalus setelan posisi duduk kamu diatas sepeda.
Kita telah mencoba banyak sepeda dan menemukan beberapa aspek yang tidak biasa dari setup sepeda yang bisa menjelaskan mengapa sebuah sepeda menjadi terasa salah tanpa ada alasan yang jelas. Salah satunya berhubungan dengan posisi saddle. Dengan saddle mu yang  berada pada posisi sempurna, tariklah garis tegak lurus dari titik tengah saddle clamp ke chainstay pada frame. Dengan keseluruhan sepeda di set untuk medan trail, garis tegak lurus kebawah tadi seharusnya melintasi chainstay hampir separuhnya di antara titik tengah as bottom bracket dan titik tengah as roda. Jika terlalu mundur ke belakang mungkin kamu duduknya terlalu jauh ke belakang. Posisikan saddle mu maju ke depan agar lebih seimbang, dan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari kinerja suspensi fork depan.

Jangkauan Handlebar

Jika kamu mempunyai beberapa macam panjang stem dan handlebar, bereksperimenlah dengan berbagai macam posisi bersepeda., dan aturlah saddle sesuai dengannya. Beberapa rider dengan tinggi dan berat badan yang sama belum tentu mempunyai panjang lengan, kaki dan badan (torso) yang sama pula, hal ini akan mempengaruhi setup sepeda secara keseluruhan. Rider dengan perut yang besar akan memerlukan setup sepeda yang berbeda dengan rider yang distribusi massa ototnya lebih merata atau rider yang berkepala besar/berat - aneh tapi nyata.
Panduan bagi jangkauan saddle ke handlebar yaitu dengan menaruh ujung siku lengan ke ujung saddle dan lihat sejauh mana jari terpanjangmu mampu meraih stem; panjang lengan (fore arm) biasanya adalah indikasi bagus dari panjang tangan (full arm) serta panjang badan (torso). Umumnya rider yang mencari postur trail riding yang cepat dan efisien akan menemukan bahwa jari terpanjang mereka akan meraih hampir separuh jalan di antara titik atas steerer dan titik tengah handlebar.
Kamu bisa mengaturnya secara lebih halus lagi (fine tuning) perasaan mengendarainya (ride feel) dengan mengatur posisi saddle, panjang dan tinggi stem serta jenis handlebar. Beberapa handlebar memiliki lekukan kebelakang yang lebih banyak dari yang lain, dan kamu bisa memutar handlebarnya di dalam stem untuk mengatur derajat posisi pergelangan tangan yang nyaman. Kita ketahui bahwa ada rider yang suka handlebarnya lurus dan yang lain lebih suka handlebar dengan lekukan 25-derajat kebelakang. Ingatlah jarak antara ujung siku lengan ke ujung jari tadi sebagai acuan sewaktu sedang mencoba sebuah sepeda apakah sudah sesuai atau belum ukurannya untukmu.

Siku diujung saddle dan ujung jari pada stem adalah cara mengukur frame yang pas untuk XC Trail

Tinggi Handlebar

Seberapa tinggi posisi handlebar mu sebenarnya adalah terdiri dari tinggi steerer (dan jumlah dari ring pengaturnya), tinggi stem dan rise nya serta rise handlebar (lekukan pada handlebar yang mengarah keatas). Beberapa rider merasa nyaman dengan handlebar mereka yang sama tingginya dengan tinggi saddle, yang lain (terutama pebalap cross country) lebih suka posisi handlebarnya jauh dibawah saddle untuk mencapai postur tubuh yang aerodinamis (membungkuk).
Kebanyakan pemula merasa nyaman dengan posisi handlebar yang lebih tinggi daripada saddle. Ingatlah bahwa kamu harus menekan berat tubuhmu ke arah depan sepeda untuk menekan fork depan agar bekerja maksimal ketika sedang melewati medan yang kasar. Hal ini akan lebih sulit dicapai jika saddle terlalu rendah atau handlebar terlalu tinggi.

Cobalah bermacam bentuk grip dan bar serta posisi lever untuk mendapatkan posisi tangan yang sempurna

Posisi Kontrol

Brake lever dan gear shifter bisa ditaruh pada berbagai posisi yang berbeda pada handlebar. Pada sebagian besar brake kamu bisa mengatur jangkauan lever pula, dan pada beberapa kamu bisa mengatur seberapa dalam brake menekan pad nya (kampas rem). Kita mengerti ada beberapa rider yang mengeluh soal ujung ibu jarinya yang menyentuh gear shifter selama sekian tahun tanpa mengetahui bahwa hanya dengan menggesernya sekian cm kedalam akan menyelesaikan masalahnya tanpa membuatnya menjadi lebih susah dipakai.
Lebar handlebar pun bisa dipendekkan: Memotongnya sebanyak 2-3cm pada setiap ujungnya akan membuat perbedaan dalam kenyamanan bersepedamu. Memutar handlebar beberapa derajat maju atau mundur pada stem juga akan membuat perbedaan. Janganlah takut untuk mencoba sesuatu yang berbeda, tetapi cobalah selama beberapa kali gowes untuk mengetahui plus-minusnya.

Posisi lever tidaklah kaku tapi kamu bisa menempatkannya semau kamu

Keunggulan Bahan

Bahan atau material dari komponen sepedamu dapat mempengaruhi setup dan kenyamanan. Bahan2 dan bagaimana cara memakainya akan mempunyai dampak terutama pada titik2 kontak penting antara rider dan tanah yaitu ban, handgrip, saddle dan pedal.

Ban: Kompon ban, seperti halnya tekanan ban, akan mempengaruhi bagaimana sepeda bergerak di jalur trail. Ban dual kompon yang dianyam secara canggih dengan konstruksi rangka (carcass) ban dengan angka TPI  (threads per inch) tinggi biasanya akan berubah bentuk sewaktu melewati tanah berkontur kasar, dan akan mempunyai cengkeraman (grip) yang lebih baik, tanpa peningkatan di sisi ketahanan perputaran (rolling resistance). Ban murah biasanya cenderung kurang gripnya dan lebih rawan kehilangan traksi ketika sedang dipakai secara maksimal, terutama pada kondisi basah.

Handgrip: Handgrip berkompon ganda (dual compound) atau handgrip yang terbuat dari busa lunak mungkin tidaklah setahan lama handgrip biasa tapi mereka jauh lebih nyaman, mampu meredam getaran dan membuat medan berat jadi terasa lebih mudah dilewati.

Saddle: Pemilahan material bagian atas dan jenis busa pada saddle yang benar pastinya akan membuat perbedaan besar pada bagaimana kamu akan merasakan sepedamu. Sebagai acuan, kamu harus bisa bergerak dengan mudah pada permukaan saddle; berbagai macam motif bordiran grafis pada saddle biasanya selalu tidak kondusif dengan hal ini. Dan janganlah berpikir bahwa dengan busa yang lebih tebal akan selalu lebih baik hasilnya. Saddle tipis dengan busa minimalis pada tempat yang pas biasanya lebih nyaman daripada saddle tebal yang asal pakai, yang seringnya akan membuat selangkangan jadi lecet.

Pedal: Efisiensi dari antarmuka (interface) pedal/sepatumu akan berdampak pada bagaimana kamu gowes. Sepatu ber-sol kaku dengan cleat yang tertanam dan menempel pada pedal clipless akan membuatmu menjadi pengayuh "lingkaran penuh" yang lebih efisien. namun bacalah petunjuk dengan cermat ketika berurusan dengan posisi cleat karena posisi cleat yang buruk bisa menyebabkan masalah, terutama berkaitan dengan lutut. Banyak rider memulai instalasi cleatnya dengan memasangnya tepat ditengah2 sepatu, yang mana hal ini belum tentu cocok untuk tiap orang, dan beberapa cleat/pedal menawarkan lebih banyak pergerakan bebas daripada yang lain.


Banyak lever bisa diatur posisinya agar lebih nyaman

Kenyamanan dan variasi kontrol

Ban, garpu depan dan shock belakang secara efektif menyediakan bantalan yang bisa disetel antara sepedamu dan tanah. Menyetelnya secara benar adalah sangat penting bagi kontrol dan kenyamanan secara keseluruhan. Ban bervolume besar bisa dipakai dengan tekanan yang lebih rendah agar memperoleh lebih banyak traksi daripada ban yang bervolume lebih kecil, dan ban bervolume besar dengan profil kenop yangl rendah (low knob profile) biasanya akan menggelinding secepat ban kecil, dan mampu memberikan kenyamanan dan kontrol yang lebih baik darinya.
Titik permulaan yang baik bagi tekanan ban untuk rider dengan berat rata2 pada ban tipikal 2.1in biasanya sekitar 35psi. Rider yang lebih ringan bobotnya atau rider yang berhati2 biasanya akan memakai ukuran dibawah 30psi, khususnya pada ban tubeless dimana tidak ada ban dalam yang akan bocor. Rider yang lebih berat atau yang gaya gowesnya lebih ekstrem biasanya lebih memilih tekanan 40psi keatas.
Tekanan garpu dan shock akan bervariasi sesuai dengan merek dan modelnya, tapi cobalah untuk selalu mengarah antara sepertiga atau seperempat dari travel yang tersedia sebagai sag awal (initial sag) ketika kamu sedang menaiki sepedamu. Juga, pelajarilah tentang pengaturan peredaman kompresi (compression) dan gaya balik membal (rebound).

Sangatlah penting untuk mengatur tekanan angin fork dan shock dengan benar

Sakit Akibat Pengepasan Yang Salah

Rasa sakit dan nyeri bisa disebabkan oleh aspek2 pengaturan sepeda, namun bisa juga oleh hal lainnya, jadi janganlah menganggap daftar2 ini sebagai kitab hukum; ia hanyalah sebuah panduan kasar. Pergilah ke dokter jika sesuatu telah menjadi sangat menyakitkan, apalagi jika terus menerus terasa sakit setelah habis bersepeda dan tidak ada yang bisa dibereskan dengan pengaturan2 yang sudah disebutkan disini. Waspadalah jika ternyata banyak rasa sakitmu sewaktu bersepeda disebabkan oleh kurangnya dukungan otot. Dengan kata lain, kamu harus makin sering bersepeda dan melakukan beberapa latihan otot dasar untuk menyelesaikan masalahnya.

Inilah beberapa nyeri umum dan penyebabnya:

Lutut: Nyeri lutut ketika sedang bersepeda dapat disebabkan karena saddle terlalu tinggi atau terlalu rendah, atau cleat pada sepatumu letaknya tidak pas. Beberapa rider menemukan bahwa sistem pedal/cleat dengan lebih banyak ruang gerak bebas bisa menghilangkan nyeri lutut. Bahkan ada yang berpindah ke pedal flat untuk menghindari rasa nyeri tersebut.
Punggung: Nyeri punggung selama atau setelah bersepeda biasanya berhubungan dengan sokongan otot inti yang lemah jadi biasanya tidak ada solusi pengaturan yang cepat dan mudah. Tapi cobalah untuk merubah posisi handlebar dan/atau jangkauannya dari saddle ke handlebar. Ada banyak rider yang keluhan nyeri punggungnya teratasi hanya dengan menggeser stem 1-2cm keatas atau kebawah, atau memasang handlebar yang lebih melengkung ke belakang.
Pundak/lengan/leher: Ketiganya kita gabung karena seringnya aspek setup serupa yang menyebabkan rasa nyeri dan sakit di daerah tersebut, seperti terlalu banyak tekanan yang ditempatkan pada bagian2 tubuh dari badan kamu tersebut. Hal ini bisa disebabkan karena posisi saddle yang terlalu maju ke depan tapi bisa juga karena posisi saddle yang terlalu mundur ke belakang, membuatmu menekuk pundakmu serta kurang benar dalam memegangi handlebar. Bereksperimenlah dengan tinggi stem dan jangkauan antara saddle-handlebar. Coba berbagai macam bentuk handlebar: banyak rider merasa lebih nyaman dengan handlebar yang menekuk ke belakang atau ke atas. Juga, cobalah handgrip yang dibentuk secara anatomis agar bisa menopang tanganmu secara lebih baik lagi.
Pinggul: Banyak masalah pinggul diantara pesepeda disebabkan karena saddle yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, miring terlalu banyak ke belakang atau ke depan atau tidak mempunyai sokongan busa yang sesuai dengan bentuk pantat ridernya.

Anatomi Sepeda Gunung

Sering kali ketika sedang sharing dan membahas sesuatu ada teman2 yang masih belum jelas apa arti istilah2 yang saya pakai, misalnya chainstay itu yang sebelah mana, stanchion itu nama kue apa dlsb, karena itu marilah kita samakan persepsi dan frekwensi agar lebih baik lagi komunikasinya, juga biar lebih keren ketika ada teman lain yang masih belum ngerti :-)

Berikut hasil copy-paste bantuan dari simbah google:








Friday, April 19, 2013

Peraturan Gravity Enduro UK 2013

Peraturan Gravity Enduro UK 2013
2013 United Kingdom Gravity Enduro Series (UKGES) Rules

Visi: Untuk menentukan peraturan khusus terhadap UKGES. Hal ini dirancang untuk memenuhi dan mendukung regulasi sepeda BC (British Columbia) dan UCI (Union Cycliste Internationale) yang telah ada serta ditujukan untuk menyediakan peraturan dan panduan khususnya terhadap sektor gravity enduro UK.
Gravity enduro bukanlah downhill ataupun cross country, tetapi sebuah format/disiplin baru. Lima tahapan waktu kamu plus penyisihan akan ditambahkan bersama untuk mendapatkan waktu rata2 yang akan menetukan pemenang di tiap2 kategori. Tiga terbaik pada tiap kategori akan diperlukan untuk bisa naik ke podium.

Sepeda

Seluruh tahapan2 lomba harus ditempuh dengan sepeda yang sama. Sasis (frame), suspensi (fork & shock) roda dan kokpit tidak boleh diganti untuk seluruh tahapan lomba dan penyisihan. Pengecekan (scrutineering) sepeda secara acak akan dilakukan. Setiap rider yang menolak hal ini akan dipenaltikan.
Sepeda harus sempurna secara mekanis dan tidak dibantu oleh motor listrik atau komponen listrik apapun. Penutup ujung handlebar (bar end plug) atau yang sejenisnya wajib terpasang. Setiap rider yang tidak mematuhi persyaratan ini otomatis tidak bisa start atau mengikuti lomba.

Lintasan

Tahapan2 akan ditandai dengan pita ganda dimana dipandang perlu. Pembatasan jalur dengan pita masih akan memungkinkan rider untuk memilih garis yang diinginkan namun tidak membolehkan rider untuk memotong jalur tersebut. Pita akan ditempatkan pada sebelah luar tikungan untuk menandai rute. Tidak bisa dibuka kedalam atau garis buatan sendiri.
Setiap peserta yang terlihat melanggar garis pita, tiang penanda atau mengambil jalur selain yang sudah ditentukan oleh panitia akan dipenaltikan.
Tidak boleh ada perubahan terhadap jalur secara sengaja seperti memindahkan bebatuan, akar2an atau rerantingan. Setiap peserta yang tebukti merusak/merubah jalur akan dipenaltikan.
Pilihan garis kreatif diperbolehkan, namun menciptakan jalurmu sendiri dilarang. Jika komisioner atau marshal menyaksikan atau menerima saksi berikut bukti yang jelas maka pelanggar akan dipenaltikan.

Sikap

Peserta harus bersikap menjunjung tinggi sportifitas, memahami seluruh peraturan dan instruksi dari penyelenggara, staff pencatat waktu dan marshal. Jika kamu tersusul oleh rider lain maka kamu harus memberi jalan kepada rider yang akan melewatimu agar bisa melaluinya dengan aman. Rider yang mengejar harus memberikan pemberitahuan yang jelas dan keras jika berniat menyalip. Contoh, rider yang mengejar bisa berteriak "Sebelah kiri!" agar rider yang lebih pelan bisa bergeser ke kiri.
Teriakan kasar atau makian terhadap salah satu peserta lomba tidak bisa ditoleransi dan pelakunya akan dipenalti, termasuk larangan untuk mengikuti lomba beberapa seri kedepan.
Tidak boleh ada mainan bermotor sama sekali di area lomba.

Pendaftaran

Semua peserta harus menanda-tangani formulir dan mengambil papan nomer lomba mereka sebelum mengendarai jalur. Nomer start akan ditentukan pada awal putaran; inilah nomer yang akan kamu pakai sepanjang seri. Jika hilang akan dikenakan 5 GBP (sekitar 75rb rupiah) untuk penggantinya. Dilarang merubah, memodifikasi atau merusak papan nomer lomba dengan segala cara. Jika melanggar akan dipenaltikan.

Perlengkapan Keamanan

Helmet adalah wajib dan harus dipakai setiap saat, harus dipasang dengan benar disetiap waktu, harus ada tanda Snell, Kite mark atau EN 1078 (semacam SNI-lah). Jika rider terlihat tanpa memakai helmet sewaktu sedang transisi perpindahan tahapan maka penalti akan diberlakukan. Helmet full face tidaklah wajib, namun sangat direkomendasikan. Sarung tangan juga wajib, body armour sangat direkomendasikan, termasuk knee & elbow pad.

Penyisihan

Penyisihan dilakukan untuk menentukan urutan start peserta pada waktu balapan esok harinya yang dihitung waktunya. Waktu dari penyisihan akan dihitung berikut total waktu rata2. Peserta harus, seminimalnya, menembus garis waktu pertama pada awal lomba untuk bisa berpartisipasi pada lomba esok harinya. Kegagalan mengikuti penyisihan akan berakibat dikeluarkan dari lomba.

Seksi sambungan

Penyelenggara akan menandai sambungan diantara tahapan lomba dan mengatur waktu untuk mencapai tahapan berikutnya. Waktu transisi (pergantian) didasarkan pada penggunaan sambungan secara penuh. Sambungan alternatif  tidak diperbolehkan. Sangatlah penting untuk memakai jalur sambungan yang sudah ditandai sehingga kita bisa melacak rider jika terjadi hal2 yang tidak diinginkan atau kecelakaan.
Semua rider yang tertangkap basah meninggalkan tahapan sambungan akan langsung dipenalti.
Panitia akan menempatkan peta di tenda sebagai referensi kamu.
Helmet harus dipakai jika berada diatas sepeda.

Penalti Waktu

Untuk tiap menit keterlambatan start di tahapanmu, penalti waktu akan dikenakan pada waktu tahapanmu. Jika kamu melewati panggilan start dari marshal, penalti waktu juga akan berlaku.
Harap diingat bahwa penalti juga terjadi apabila kamu tidak memakai helmet dan memotong garis transisi.

Umum

Pelanggaran kedua oleh peserta akan mengakibatkan pemalti yang lebih keras, penyelenggara lomba juga bisa menghapus nama rider dari seri yang tersisa.
Pada hari Sabtu atau Minggu uplift (naik kereta gantung) oleh peserta dilarang keras, jika terlihat maka peserta akan didiskualifikasi dari lomba dan kemungkinan larangan berlomba sepanjang seri akan dikenakan.
Akan ada briefing (penjelasan) bagi rider setelah sesi penyisihan, jika cuaca dan waktu memungkinkan, kehadiran sangatlah wajib.


Peraturan Gravity Enduro Irlandia 2013

Peraturan Gravity Enduro Irlandia

Tanggung Jawab Kamu
  1. Bacalah seluruh peraturan ini dengan seksama!
  2. Periksa dirimu luar dalam tiap2 Special Stage (stage turunan yang waktunya dihitung).
  3. Berhenti dan tolonglah setiap ada rider yang terluka, (dengan mengikuti lomba ini) kamu telah dianggap sebagai salah seorang dari marshal lomba.
Umum
  1. Kamu bisa berlatih di jalurnya setiap hari Sabtu, hari Minggu khusus balap.
  2. Tenda kemah & api unggun disiapkan tetapi bukan di area balap.
  3. Rider harus menjalani semua stage tanpa bantuan siapapun juga, pada tiap2 Special Stage.
  4. Ada 5 event dalam 1 seri, 4 National Points Rounds dan 1 National Championship, masing2 setara dalam nilai.
  5. Untuk mendapatkan medali pada National Championship maka kamu harus memegang Lisensi Cycling Ireland selama satu hari atau full dengan kode link UCI.
  6. Tiap event dibatasi maksimal 350 rider.
  7. Peringkat top 3 akan diberi hadiah dan trofi pada tiap kategori pada tiap2 event dan seluruh seri.
  8. Peringkat top 3 Pro Men dan Pro Women pada tiap2 event akan mendapat total hadiah sebanyak 1000 euro.
Kategori
  1. 14 - 18 tahun
  2. 19 - 29 tahun
  3. 30 - 34 tahun
  4. 35 - 39 tahun
  5. 40 - 49 tahun
  6. 50 tahun keatas
  7. Kelas Wanita
  8. Pro Men
  9. Pro Women
Contoh: Rider yang masuk kelas 30-34 harus sekurang2nya berumur minimal 29 dan maksimal 33 pada 01 Januari 2013. Kalau kamu berumur 34 pada 01 Januari 2013 maka kamu bisa menjadi 35 selama musim lomba dan menjadi terlalu tua untuk kelas 30-34, jadi kamu harus masuk kelas 35-39.
Rider harus sekurang2nya berumur 14 tahun pada 01 Januari 2013. Jika rider memutuskan untuk berpindah kelas selama musim lomba berlangsung, maka poin yang didapat sebelumnya akan hangus dan akan memulai lagi dari nol pada lomba yang diikuti kemudian.

Registrasi dan Lisensi
  1. Sewaktu mendaftar maka kamu dinyatakan setuju dengan semua peraturan event.
  2. Tanda masuk tidak dapat diambil pada hari berlangsungnya event.
  3. Kamu bisa memulai lomba dengan tidak berurutan; sebagai contoh kamu bisa bersepeda bersama dengan teman2 kamu. Kategori Pro start pukul 10:00 sampai 10:15. Pengumuman lomba pukul 16:00.
  4. Demi keamanan maka akan ada pengurangan waktu lomba jika dibutuhkan, kamu akan diberitahu lewat nota peserta sewaktu masuk area lomba.
  5. Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan sekurang2nya 3 minggu dari waktu lomba. Jika kamu tidak dapat mengikuti lomba karena alasan medis maka biaya akan dikembalikan dengan adanya catatan dokter. Juga tidak dimungkinkan untuk mentransfer biaya pendaftaran ke event lain, atau event tahun depan, atau peserta lain. Ada biaya admin sebesar 5 euro untuk tiap2 pembatalan pendaftaran.
  6. Kamu harus menunjukkan Lisensi Cycling Ireland sewaktu mendaftar atau membeli lisensi satu hari dengan biaya 20 euro.
  7. Ada 3 level biaya pendaftran, sampai sebelum 31-12-2012 biaya 45 euro, setelahnya 50 euro sampai 10 hari sebelum event, biaya pendaftaran paling akhir adalah 60 euro sampai hari event berlangsung. Ada paket spesial untuk 5 event dengan biaya 4 event senilai 200 euro sampai 31-12-2012 atau sampai habis terjual semua dari total 100 paket yang kami sediakan. Harap dicatat ada biaya admin yang dikenakan oleh perusahaan pendaftaran.
Sepeda

  1. Kamu tidak boleh mengganti sepeda pada Special Stage Individu, kamu harus menggunakan sepeda yang sama untuk tiap event individu. Sepeda yang berbeda boleh dipakai untuk event yang berbeda.
  2. Sepeda akan di scrut / inspeksi sebelum datang di area lomba.
  3. Jika terjadi kerusakan mekanikal, komponen seperti roda, ban, sadel, garpu dll dapat diganti jika dibutuhkan namun waktu masih tetap berjalan/dihitung.
  4. Semua sepeda harus memasang bar plug / tutup ujung handlebar.
  5. Sepeda harus berada dalam kondisi bekerja sempurna.
  6. Peserta dilarang merubah plat nomer balap.
  7. Pengawas lomba mempunyai hak untuk menolak peserta jika sepeda dianggap tidak memenuhi standar yang sesuai.
Perlengkapan Pribadi

  1. Kamu harus selalu memakai helm (tipe Open XC atau Full Face DH) secara penuh setiap waktu, termasuk pada seksi transisi dari tanjakan ke turunan.
  2. Peserta yang didapatkan tidak memakai helm akan langsung didiskualifikasi.
  3. Tiap2 peserta harus mampu mengatasi masalah dirinya sendiri tanpa bantuan pihak lain selama lomba berlangsung.
Perlengkapan Wajib

  1. Telepon seluler.
  2. Perlengkapan P3K dasar (setidaknya: 1 penutup luka untuk pendarahan hebat, perban dan plester).
  3. Tas survival.
  4. Makanan energi dan minuman.
  5. Jaket anti air.
  6. Kit reparasi sepeda (ban dalam, pompa atau tabung CO2, kunci L dan kunci rantai).
  7. Disarankan untuk membawa tas kecil atau sejenisnya untuk membawa perlengkapan tersebut diatas, atau dipasang pada rangka sepeda. Kamu diwajibkan untuk membawa seluruh perlengkapanmu sendiri sewaktu lomba.
  8. Baru untuk 2011: Sebelum, selama dan setelah lomba pengecekan akan dilakukan. Penalti waktu akan dikenakan untuk tiap2 perlengkapan wajib yang tidak ada / hilang jadi pastikan melengkapinya demi nama keamanan dan keadilan.
Lintasan

  1. Detil lintasan tidak akan diungkapkan sebelum lomba.
  2. Gravity enduro bukanlah kompetisi cross country atau downhill. Lokasi lomba ada di lintasan yang sudah ditandai dengan mayoritas Special Stage jalur downhill.
  3. Ada 5 Special Stage di tiap event, dengan Transfer Stage (biasanya tanjakan) diantaranya.
  4. Transfer Stage tidak dihitung waktunya dan tidak masuk dalam nilai akhir.
  5. Special Stage ditutup dengan waktu tertentu, untuk memastikan event bisa selesai tepat pada waktunya. Rider akan diberitahu sewaktu pendaftaran pada pagi hari sebelum lomba.
  6. Rider harus check in - check out sendiri di tiap2 stage dengan memindai Timing Chip mereka ke transponder.
  7. Rider harus melengkapi Special Stage dengan berurutan, Stage 1 diikuti dengan Stage 2 dst.
  8. Special Stage didesai untuk sepeda dengan travel menengah, jadi bukan sepeda khusus XC atau DH.
  9. Jalur lomba akan ditandai dengan pita selebar mungkin untuk memudahkan menyalip dan memberikan pilihan garis lintasan..
  10. Jalur ini diberi tanda, beberapa seksi ditandai dengan pita ganda, jika tidak maka rider harus mengikuti jalur.
  11. Jika peserta meninggalkan jalur Special Stage, ia harus masuk kembali pada titik yang sama dan membetulkan pita yang terputus, jika ada.
  12. Jika rider diketahui memotong jalur Special Stage oleh marshall maka ia akan didiskualifikasi.
  13. Jika ada 3 atau lebih rider yang melaporkan rider lain memotong jalur Special Stage maka investigasiakan dilakukan, dan diskualifikasi adalah bentuk penaltinya.
  14. Rute balap mungkin mempunyai seksi sempit dan berbatu2, tanjakan terjal serta turunan, karena itu tidak cocok untuk rider pemula.
Waktu

  1. Tiap rider menerima sebuah Timing Chip pada pagi hari acara event, yang harus dikenakan pada salah satu pergelangan tangan.
  2. Rider diperkenankan start dengan berbagai cara urutan. Kategori Pro akan berangkat pada pukul 10:00 sampai 10:15.
  3. Demi keamanan maka akan ada pengurangan waktu lomba jika dibutuhkan, kamu akan diberitahu lewat nota kompetisi sewaktu masuk area.
  4. Rider bisa memulai start sewaktu mereka mencapai awal Special Stage, tidak ada waktu start ataupun urutan start.
  5. Ada jarak waktu sebanyak minimal 30 detik atau lebih diantara rider yang sedang start Special Stage, tergantung kondisi alam jalurnya. Hal ini akan dibatalkan jika terjadi antrian. Penghitungan waktunya sangat akurat sampai ke detik terdekat. Jika ada hasil yang sama pada Final Stage, maka waktu yang sebelumnya yang akan dipakai sampai tidak ada persamaan waktu lagi.
  6. Jika ada rider yang lebih cepat dari kamu pada Special Stage, bersikaplah sopan dan biarkan mereka mendahuluimu. Jika kamu adalah rider yang lebih cepat, bersabarlah, berikan banyak peringatan dan tanda arah yang jelas lewat sisi mana kamu akan mendahului. Contoh: teriaklah kiri jika kamu akan mendahului lewat sebelah kiri rider di depanmu.
  7. Jika kamu terhalang oleh rider lain atau berhenti untuk menolong rider yang jatuh terluka maka kamu bisa mengulangi stage nya. Kamu harus check-out stage dulu, kemudian bersepeda kembali ke puncak bukit tanpa pertolongan siapapun, dalam hal ini.
  8. Jika sewaktu mendahului rider yang lebih pelan kamu mengakibatkan rider tersebut jatuh atau keluar jalur, maka kamu bisa didiskualifikasi.
  9. Kamu tidak bisa mengulangi stage jika kamu mengalami kerusakan teknikal selagi berada di jalur lomba.
  10. Rider yang mundur dari lomba harus segera kembali ke lokasi parkiran mobil sesegera mungkin mengikuti arahan marshal lomba.
  11. Mereka juga harus melepas plat nomer lomba dari sepeda atau mencoretnya dengan tanda silang.
  12. Rangking dari tiap peserta adalah jumlah dari waktu Special Stage, ditambah waktu penalti.
Keadaan Darurat

  1. Adalah tugas bagi tiap2 peserta untuk membantu setiap peserta lain yang terlihat terluka atau sedang mengalami kesulitan dan jika memungkinkan segera memberi tahu pengarah lomba.
  2. Pengarah lomba mempunyai hak untuk memberi penalti atau diskualifikasi peserta yang tidak mematuhi peraturan dasar ini.
  3. Peserta yang mundur dari lomba harus segera memberitahu petugas balap sesegera mungkin.
  4. Peserta harus mematuhi seluruh peraturan event dan peraturan jalan, terutama selama seksi di jalanan umum.
Perolehan Poin Tiap Seri

Ada 5 event dalam satu seri; 4 National Points Rounds dan 1 National Championship, tiap2nya membawa poin sama. Rangking keseluruhan dihitung berdasarkan putaran final ditambah 3 terbaik dari hasil lain. Kamu harus memperoleh nilai pada putaran final agar bisa diikutkan secara keseluruhan. Pada kejadian perolehan nilai sama, rider yang finish tertinggi pada putaran final akan dinyatakan sebagai pemenang. Nilai akan diberikan pada tiap2 event sebagai berikut:

  1. 250
  2. 200
  3. 170
  4. 150
  5. 130
  6. 100
  7. 90
  8. 80
  9. 70
  10. 60
  11. 50
  12. 40
  13. 35
  14. 30
  15. 25
  16. 22
  17. 20
  18. 18
  19. 16
  20. 14
  21. 13
  22. 12
  23. 11
  24. 9
  25. 8
  26. 7
  27. 6
  28. 5
  29. 4
  30. 3
Presentasi dan Hadiah

Rider yang finish di posisi 3 teratas dalam kategorinya harus mendatangi acara presentasi podium. Rider Pro yang gagal datang di acara presentasi dianggap melepas posisi, nilai seri dan hadiah kecuali diwakilkan oleh orang yang representatif.  Hadiah utama berupa sebuah sepeda trek Slash 7 tahun 2012.

Protes

Protes mengenai pelaksanaan acara, rangking atau tingkah laku dari peserta lain dan segala macam laporan lain harus diberikan kepada pengarah lomba, secara tertulis dan ditandatangani peserta tidak kurang dari 30 menit setelah acara presentasi podium. Biaya protes sebanyak 50 euro yang mana akan dikembalikan jika protes bisa diterima. Pengarah lomba akan mengumumkan keputusan mereka dalam waktu 60 menit setelah protes masuk kecuali dibutuhkan penyelidikan lebih lanjut.

Asuransi

Event Gravity Enduro dilaksanakan dibawah regulasi event Cycling Ireland dan berarti seluruh peserta haruslah anggota dari Cycling Ireland. Pelaksana Gravity Enduro tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan, kerusakan atau kecelakaan yang mungkin terjadi selama event Gravity Enduro berlangsung, pada jalur yang sama, sebelum dan sesudah event.