Sunday, March 24, 2013

Bikin Cepat Sepedamu

Turbocharge Your Bike
Bikin Cepat Sepedamu

10 Langkah Sederhana:

Sepeda yang paling cepat adalah sepeda yang disiapkan secara benar sesuai dengan tugasnya. Penyetelan sederhana dan persiapan yang benar dapat membuat sepeda yang terasa berat dan lambat jadi cepat seperti mesin yang pakai turbo. Inilah tips 10 langkah untuk meningkatkan kecepatan sepeda kamu.


1. Go For Ti (Ganti Dengan Titanium).


Ganti semua mur, baut dengan kit berbahan titanium adalah cara yang sangat mahal untuk meringankan bobot sepeda, namun banyak pembalap pro menggunakan trik lawas ini untuk mengurangi sedikit bobot tanpa merubah kekuatan sepeda.


2. Shift Power (Kekuatan Shifter).


.
Sepeda adalah sebuah mesin yang digerakkan oleh pedal. Dipedal kencang maka sepeda pun akan kencang. Tapi kalau seorang rider gak bisa pindahin gigi ke posisi yang dia perlukan, maka sepeda pun gak bakalan bisa kencang lagi. Shifter yang disetel sempurna akan buat kamu gowes lebih kencang di segala kondisi. Shifter yang sempurna setelannya harusnya lebih condong kearah atas (upshift) dengan tegangan kabel shifter yang seminimal mungkin.


3. Maintain Speed (Jaga Kecepatan).




Drive Train atau sistem gerak roda (gear, shifter, rantai, FD, RD dan BB) yang efisien adalah drive train yang bersih. Harus selalu dibersihkan dan dilumasi setelah beberapa kali pakai, apalagi sewaktu musim hujan. Untuk membersihkan, ambil sedikit sabun cuci piring dan air terus sikat pakai sikat gigi bekas, ini sudah cukup untuk bersihkan semua kotoran dan sisa2 gemuk tanpa merusak cat dan seal2 komponen. Jangan lupa untuk melepas seatpost dan membalik sepeda sampai sisa2 air cucian terbuang lewat lubang seatpost. Tapi ingat kalau keseringan cuci akan berakibat air & kotoran menumpuk di dalam ruang BB. Bongkar dan bersihkan sesekali. Hal ini selain mencegah kerusakan juga akan membuang sekian gram bobot mati. Asalkan punya perlengkapan yang sesuai, jangan takut untuk bongkar BB sendiri.


4. Skateboard Shop (Toko Skateboard).





Cobalah memasang sedikit grip tape (semacam sticker berbahan kasar mirip kertas gosok yang nempel di atas papan skate) di downshift lever RD. Hal ini akan buat pengoperan ke gigi lebih rendah makin mantap dan cepat. Jangan lupa selalu pakai sarung tangan biar jempol gak tergores. Kalau kamu kreatif bisa diganti pakai kertas gosok halus dan sedikit lem UHU.


5. Braking News (Berita Ngerem).





Atur posisi brake lever lebih masuk kedalam dan kebawah akan bikin kamu bisa memakainya dengan satu jari. Tiga jari lain plus ibu jari pada handlebar akan lebih memudahkan kendali dan akan mempercepat waktu tempuh pada jalur sepeda yang ekstrem. Menggeser lever sedikit ke bawah juga akan buat jari kamu bisa meraih ujung lever secara alami dan dapat memberikan lebih banyak tekanan. Dengan power lebih besar, kamu bisa mengerem lebih akhir (late braking) tanpa mengorbankan kendali.


6. Jenny Craig says...(Pakar Diet bilang...).





Membuang bobot yang tidak perlu adalah cara yang benar agar bisa meraih kecepatan ekstra sewaktu gowes. Hal yang paling jamak adalah botol minum & tempat botol (bottle cage) yang tidak dipakai dan tas bawah sadel (saddlebag) dengan kunci2 (tools) yang juga tidak dipakai. Membawa yang penting2 saja di tas air (hydration pack) akan buat sepedamu terasa jauh lebih ringan.


7. Stack & Trim (Susun & Rapikan).





Handlebar yang lebih rendah akan menggeser titik berat ke roda depan dan menambah kemampuan menikung (cornering ability). Kita sarankan mencoba dengan mengurangi headset spacer dibawah stem. Sambil perlahan menyesuaikan, kamu bisa pasang spacer tadi diatas stem, tapi kalo sudah dapat ketinggian yang pas, potonglah kelebihan steerer untuk mengurangi bobot yang tidak perlu.


8. Ditch The Rat's Nest (Bersihkan Sarang Tikusnya).





Kok sarang tikus? Yup, tentunya gak separah itu, tapi kabel2 brake dan shifter yang terlalu panjang & ramai bisa mirip lho. Kabel brake & shifter yang terlalu panjang gak bakalan beri kamu fungsi & gaya apa2, malah lama kelamaan bisa mengganggu. Potong & rapikan sampai cukup panjangnya buat pergerakan dan gak ganggu kendali. Potong juga sisa kabel yang lain seperti di dekat RD biar gak bakalan ada kelinci yang nyangkut di sepedamu.


9. We Don't Need No Stinkin' Caps (Kita Gak Perlu Tutup Pentilnya).





Buanglah tutup plastik pentil presta (pentil kecil). Mereka benernya gak ada fungsi pentingnya selain cuma buat tutup ajah.


10. Is That A Pro? (Itu Sepeda Pembalap Ya?).





Pasanglah stiker nama di top tube sepeda seperti punya para pembalap pro. Iya memang stiker nama aja gak bakalan bikin kamu gowes lebih cepat, tapi setidaknya ia akan bikin kamu terasa lebih cepat. Mungkin juga bisa memotivasi kamu biar gak jauh2 ketinggalan dari teman2 pas gobar. Hehe...

Silakan dibaca dan dihayati, diskusikan dan praktekkan dengan teman. Saya menerima saran, masukan dan kritikan yang membangun. (Artikel diterjemahkan secara bebas dari majalah Mountain Bike Action October 2011, berikut tambahan beberapa masukan tips dari teman, foto2 juga dicomot dari mbah gugel, kalo ada pihak yang keberatan maka foto akan saya ganti)

4 comments:

  1. Kren Om, Tips-nya. Baca-nya bqin semangaD...sampai tutup Pentil pun di jadikan tersangka Bobot berat. =D, Nice Blog Article.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. pasang spedometer digital, dijamin makin termotivasi buat gowes lebih cepet

    ReplyDelete
  4. 2. Shift power ternyata 3 skrub di sepeda saya kendor, untung tidak jatuh.

    ReplyDelete