Monday, March 25, 2013

Jadilah Pilot, Bukan Penumpang

MBUK's Take Control Part One
Be A Pilot, Not A Passenger
Jadilah Pilot, Bukan Penumpang



Pernahkah kamu merasakan sewaktu bersepeda (dengan cara AM, tentunya...), kamu hanya bisa melibas jalur dan berdoa aja? Jika iya, maka berlatih jurus2 berikut, dan melakukannya terus menerus akan memberimu pengetahuan dan keyakinan diri untuk tetap dalam kendali - dan jauh dari kata jatuh.

Bersepeda secara hampir menembus batasan2 kamu adalah sangat menyenangkan, tetapi ada sedikit perbedaan antara bersepeda asal2an semau gue dan bersepeda dengan punya skill untuk tetap dalam kendali ketika jalur berubah menjadi ekstrem. Definisi kendali adalah mempunyai kemampuan untuk mengatur, ber-reaksi dan melakukan perubahan instan dalam jalur bersepeda - untuk melaju lebih cepat atau hanya bertahan diatas sepeda.
Kemenangan Danny Hart di DH World Cup 2011 adalah salah satu contoh kontrol yang menakjubkan yang pernah terlihat di atas roda dua. Dia meluncur dan mengukir jalur turun ke bawah, jalur yang bagi sebagian rider dianggap mustahil untuk dibuat balap. Tetapi nyatanya Danny sudah biasa gowes di jalur licin dan basah area perbukitan Hamsterley Forest sejak remaja.
OK, jadi kita gak mungkin kalau disuruh gowes seperti dia, tapi itulah sebuah contoh bagus bagaimana pengalaman, pengetahuan dan latihan bisa membantu kita untuk tetap dalam kendali. Tak peduli apapun tujuan kamu, apakah hanya ingin menguasai satu fitur aja atau ingin lebih dekat ke sisi liar dalam dirimu, jurus2 dan latihan2 berikut akan meningkatkan kontrol kamu dalam setiap situasi.

Customise Your Bike
Sesuaikan Sepedamu Dengan Dirimu
Sangatlah penting untuk menyesuaikan sepedamu dan komponennya agar pas untuk gaya gowes kamu - hal ini akan meningkatkan kontrol kamu. Tenaga rem ekstra, kinerja suspensi yang lebih halus dan lebih banyak traksi ban (grip) akan bisa didapat hanya dalam sekian menit pengaturan dan beberapa klik saja.


Lebar Handlebar / Panjang Stem
Handlebar berukuran 740mm sudah gak bisa dikatakan lebar lagi - sekarang ini ukuran sekian adalah hal normal, biasa.

Posisi Rem
Dalam posisi berdiri, taruhlah tanganmu diatas handgrip dan julurkan jari telunjuk kamu kedepan. Sekarang aturlah sudut, jangkauan brake lever dan shifter sampai kamu bisa meraih semua lever dengan nyaman dan dengan tenaga tekanan yang maksimal.

Tinggi Sadel
Kalo kamu sedang gowes turunan atau sedang berlatih jurus, turunkan sadel kamu kebawah agar badan kamu dapat bergerak bebas memindah2 bobot diatas sepeda (Kalau saya pribadi pakai telescopic seatpost seperti RS Reverb untuk Giant Reign saya, lebih praktis).

Pedal / Sepatu
Kalau kamu ingin meningkatkan jurus kamu, pakailah pedal flat dan sepatu dengan sol yang lengket. SPD sangat bagus untuk balap, tapi tidak bagus bagi yang sedang belajar teknik mengangkat roda sepeda, serta membingungkan bagi pemula (Mungkin teman2 sudah banyak yang pakai, seperti saya sendiri pakai 5.10 Karver).

Ban
Untuk pemakaian sepanjang tahun, pakailah ban depan dengan kembangan yang agresif dan ban belakang yang cepat namun punya traksi rem yang bagus. Sebagai rumus jempol, mulailah dengan tekanan awal 26 psi. Kalau masih terkena bocoran (pinch puncture/snake bite) maka tambahkan 2 psi tiap kali bocor. Pantau tekanan ban tiap kali akan gowes (Saya sendiri biasa pakai Kenda Nevegal, tapi buat Reign saya pasang Maxxis High Roller II 2.4, ternyata memang lebih ringan dari Nevegal tapi dengan grip yang sama kuat. Jangan lupa ukuran minimal untuk main AM adalah 2.1 keatas. Rata2 teman saya pakai Nevegal 2.35).

Suspensi
Suspensi yang asal dipakai atau asal diatur akan lebih banyak mengganggu daripada membantu, maka siapkan waktu untuk mengatur suspensi dengan benar. Baca tips dari kami tentang pengaturan sag, rebound dan compression:

Atur Sag Kamu
Sag = posisi suspensi ketika tertekan berat badan kita dalam kondisi sepeda diam. Sesuaikan suspensi preload sepedamu, sampai kamu mempunyai sag 30 persen untuk shock belakang sewaktu posisi duduk dan sag 20 persen pada fork depan ketika posisi berdiri. Lakukan pengaturan ini dengan kondisi full riding gear alias dengan perlengkapan sama sewaktu sedang gowes, jadi bisa didapatkan pengaturan yang sama dengan kondisi kamu sewaktu gowes (termasuk sepatu, helm, tas berikut isinya dll). Cek rekomendasi dari pabrikan - beberapa desain suspensi bisa membutuhkan aturan sag yang berbeda.

Rebound
Rebound = Posisi Balik. Yaitu seberapa cepat posisi fork/shock balik lagi ketika selesai ditekan. Atur rebound kamu secepat mungkin, tanpa terasa membal jika fork atau shock dalam posisi kembali setelah ditekan oleh berat badan kamu sendiri. Pada track yang cepat dengan banyak bebatuan, tambahkan sedikit rebound untuk meningkatkan kontrol. (Merek Fox, Marzocchi dan lainnya biasanya hanya lambang plus (+) buat cepat dan minus (-) buat lambat, kalau di RockShox gampang banget, ada gambar kelinci dan kura2, ngerti kan maksudnya?).

Compression Damping
Disebut juga Peredaman Tekanan. Yaitu seberapa cepat fork/shock menerima tekanan (lawan dari Rebound). Ketika jalan turunan, pakailah compression damping seminimal mungkin. Jika fork atau shock tenggelam sewaktu pengereman atau mentok melebihi travel pada sag yang benar, tambahkan damping. Beberapa fork kelas atas membagi lagi settingan ini dalam dua jenis yaitu Low Speed & High Speed Compression Damping (Kalau di RS namanya Mission Control). Low Speed Compression Damping mengatur peredaman tekanan ringan seperti pergerakan rider, juga gundukan kecil serta traksi. High Speed Compression Damping mengatur peredaman tekanan besar seperti pendaratan setelah jump dan tekanan mendadak seperti di tikungan/berm.

Improve Your Balance
Perbaiki Keseimbanganmu
Mengatur keseimbangan pada permukaan jalan rata sangatlah mudah seperti duduk di sofa. Tapi bagaimana caranya mengatur keseimbangan sewaktu jalur berbelok ke kiri, kanan, atas dan diatasnya lagi? Kalau kamu pernah mengalaminya, kamu akan tahu bahwa mencoba bertahan dengan menggenggam erat handlebar hanya akan membuatmu terpental. Kuncinya adalah tetap relaks dan dapatkan posisi dimana keseimbangan alami tubuh kamu akan menjalankan tugasnya, jadi kamu bisa konsentrasi pada membuat keputusan.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Tangan Terbuka - bukalah tanganmu pada posisi bersiap, jangan angkat atau tekan dengan tanganmu, hanya jaga keseimbangan dengan kakimu.


Berdirilah diatas kakimu. Arahkan sebagian besar berat badan kamu melalui kaki sehingga kamu bisa gunakan otot tungkai dan pinggul yang bertenaga untuk menggerakkan sepeda dengan cepat.

Rileks. Ketegangan terus menerus adalah musuh dari keseimbangan. Jangan menekan handlebar ke depan dan belakang, biarkan bergerak bebas dengan menjaga badan sebelah atas kamu tetap santai.

Gunakan pinggulmu. Berbeloklah dengan pinggul seperti orang yang sedang main ski dan coba untuk memulai perpindahan berat badan ketengah untuk lebih meningkatkan efisiensi.

Meningkatkan Jurus Dasar
Kalau kamu ingin bersepeda lebih cepat, kamu harus mampu untuk bergerak diatas sepeda dengan lebih cepat lagi. Pergerakan badan yang efisien, keseimbangan dan koordinasi adalah inti dari semua jurus dasar ini. Anggap aja sebagai bahan dasar dari gowes kamu. Inilah beberapa tipsnya:


Manual. Jangan tarik ke atas - gunakan pinggulmu untuk menggeser berat badan kearah roda belakang dan selalu imbangi dengan rem belakang.



Menikung. Gunakan pinggulmu untuk mengawali belokan, lihat kemana arahmu pergi. Untuk berbelok kamu harus miringkan badan; jangan takut untuk melakukannya.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Membangun Dasar - berlatihlah jurus dasar pada permukaan tanah datar dulu baru coba pada jalur yang lebih teknikal kemudian.

Pengereman. Tarik tuas rem secara bertahap, turunkan pinggulmu dan arahkan berat badanmu ke kaki.


Kontrol Tekanan. Tekan sepedamu kebawah dengan mendorong berat badan melalui kaki. Lepas keatas dengan cara menurunkan pinggulmu.

Bunnyhop (atau banihup kata teman saya). Awali banihup dengan dengan manual dulu kemudian geser pinggulmu ke depan untuk mengangkat roda belakang.

Fitur Terpisah
Ada suatu lokasi di jalur gowes yang selalu membuatmu merasa tidak percaya diri tiap kali melewatinya. Temukan penyebabnya, mulailah berlatih dari versi kecil masalahnya dulu untuk membantu bagaimana menghadapi yang besar nanti.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Variasikan Kecepatanmu - Cobalah sesi yang sama dengan kecepatan berbeda untuk meningkatkan keseluruhan jurus kamu.


Drop-Offs. Kalau kamu sudah miliki ilmunya dan kamu juga sudah praktikkan jurusnya maka sesekali kamu harus melangkah keluar dari zona nyaman kamu untuk peningkatan jurus. Kamu akan terkejut atas apa yang bisa kamu lakukan.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Mulai Dari Yang Kecil - Cari lokasi dengan fitur yang sama tapi lebih mudah dan berlatihlah disitu dulu untuk membangun rasa percaya diri.


Step-Up. Fitur teknikal dengan resiko rendah sangatlah mudah untuk diabaikan dan mudah pula untuk jadi bencana berulang kali. Kembalilah ke awal dan hentikan teknik buruk itu.


Tingkatkan Pandanganmu. Semakin cepat gowesmu maka semakin jauh kedepan pula kamu harus melihat di depan untuk mengidentifikasi jalur dan segala fiturnya (batu, pohon, cekungan dll). Sangatlah penting untuk konsentrasi ketika sedang gowes, tetap lihat jalur mana yang lebih lancar (smooth) juga fitur sulit mana yang lebih mudah untuk dihindari.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Gowes Ke Jalur Baru - Cobalah gowes ke jalur yang belum pernah kamu lewati untuk meningkatkan scan dan kemampuan kamu menandai jalur.


Komitmen. Jika kamu akan melakukannya, maka kamu harus komit. Ragu2 sedikit atau setengah jalan biasanya akan berakhir dengan kegagalan - yang terkadang sangat sakit sekali. Dengan tidak meremehkan, fokus dan berkomitmen maka kamu akan mendapat kesempatan untuk meraihnya. Jangan pernah coba semua hal yang kamu belum mengerti atau tidak yakin kamu sanggup melakukannya.

Latihan Untuk Membangun Jurus
Berpikir Positif - Berpikirlah tentang apa yang akan kamu lakukan, bagaimana kamu akan melakukannya - dan bukan hal yang lain.


Siapakah orang2 ini? Yup, merekalah yang beraksi untuk kita dalam foto2 diatas. Perkenalkan Raffertys Bersaudara. Alex dan Joe Rafferty adalah tokoh2 di belakang Pro Ride Guides (www.prorideguides.com), salah satu perusahaan jasa coaching terbaik di UK. Tips dan latihan mereka adalah segalanya yang kita ingin capai - lebih halus, lebih cepat dan gowes yang lebih bugar.

Artikel ini diterjemahkan dari MBUK edisi Maret 2013

No comments:

Post a Comment